meningkatkan minat customer melalui desain visual

Meningkatkan Minat Customer Melalui Desain Visual

weefer – Tahukah Anda bahwa otak merekam segala sesuatu lebih cepat melalui indera penglihatan. Melalui mata, otak merekam bentuk, warna, dan apapun yang bergerak. Sampai saat ini, penglihatan merupakan penelitian terbesar dalam dunia neurosains. Mereka pun masih terus mempelajari mengapa manusia sangat responsif terhadap gambar dan informasi visual.

Otak diciptakan untuk merekam segala sesuatu yang ditangkap oleh indera penglihatan, jika pebisnis tidak melihat peluang pada keuntungan ini, maka Anda tidak dapat bersaing dengan pebisnis lain seiring berkembangnya zaman di era teknologi ini. Pada artikel ini, kami akan memberi beberapa pengetahuan mengenai proses visual yang akan menyadarkan Anda mengapa desain visual bisa membantu meningkatkan minat customer terhadap produk Anda.

Otak menyimpan 20% memori yang ditangkap oleh indera penglihatan. Saraf pada mata mengirimkan sinyal ke otak bagian belakang dan menyebarkannya pada occipital lobe.

Otak menyimpan sinyal yang ditangkap oleh indera penglihatan dapat berupa bentuk, warna, gerak, ekspresi, dan informasi visual lainnya. Sinyal-sinyal ini dapat diproses secara instan pada otak sehingga manusia lebih memahami dengan cepat informasi dalam bentuk visual daripada informasi dalam bentuk tulisan. Bahkan sebuah riset MIT telah membuktikan bahwa otak dapat memahami informasi visual hanya dalam waktu 13 milidetik.

Otak juga menjadi lebih responsif ketika mendapatkan sinyal dari mata berupa warna. Maka dari itu manusia cenderung menandai informasi yang berupa tulisan menggunakan warna, selain untuk meningkatkan pemahaman, tulisan tersebut juga akan lebih mudah dicari, dan diingat. Warna yang akan lebih cepat ditangkap otak pun tidak semua warna dikarenakan oleh kecenderungan-kecenderungan tertentu. Misalnya, warna putih, biru, dan hijau akan lebih disukai karena kecenderungan otak yang telah merekam bahwa warna tersebut merupakan warna yang baik. Putih yang berarti bersih, biru seperti warna langit yang cerah, dan hijau seperti pohon dan dedaunan yang dapat menyegarkan pikiran.

Human Brain

 

Dari contoh tersebut, otak pun mempunyai kecenderungan menolak warna, misalnya warna coklat. Coklat yang berarti busuk atau kotor dapat ditemukan pada besi yang berkarat, makanan yang kadaluarsa, dan lumpur. Maka dari itu, Anda pun harus berhati-hati menggunakan warna jika ingin mendesain website yang akan dikunjungi oleh customer Anda. Warna yang aman digunakan adalah biru, namun jika Anda ingin mencoba lebih berani maka gunakanlah warna merah.

 Tak hanya warna, mata dapat dengan sigap menyadari atau menangkap gerakan sekalipun gerakan tersebut terjadi pada sudut mata. Indera penglihatan merupakan indera yang paling peka dibandingkan dengan indera lainnya. Pada saat manusia pertama kali dilahirkan indera penglihatanlah yang berfungsi lebih dulu walaupun belum dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, otak lebih cepat memahami informasi yang diilustrasikan dalam bentuk animasi.

meningkatkan minat customer melalui desain visual - Indera penglihatan peka terhadap gerakan

Professional Work GIF By tunadunn

Selanjutnya, otak merekam dengan baik kesan pertama yang ditangkap oleh indera penglihatan. Misalnya, Anda menjual produk dengan tampilan yang kurang menarik, hal tersebut akan menjadi kesan yang kurang baik untuk customer, dan mereka akan terus mengingat hal itu. Tak hanya itu, sebagian dari mereka tidak akan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain, sebagian lainnya akan mengajak orang lain untuk tidak membeli produk Anda hanya karena kurang menarik tanpa mencari tahu bagaimana kualitas produk tersebut.

Jika Anda merasa produk Anda belum banyak dikenal oleh khalayak ramai, inilah saatnya bagi Anda untuk melakukan pemasaran dengan mengutamakan visual marketing. Jika Anda memasarkan produk Anda melalui website, maka dibutuhkan usaha yang lebih untuk membuat tampilan website Anda semenarik mungkin untuk memberi kesan pertama yang baik pada calon customer. Dengan desain website yang menarik, customer akan tertarik dan mencari tahu apakah kualitas produk Anda sebaik tampilannya.


Kami menyediakan jasa desain dan pastikanlah selalu memilih desain profesional yang berkualitas dan berpengalaman untuk merencanakan desain website demi keamanan, kenyamanan, dan kepuasan Anda.

Simillar post