Tips SEO untuk startup

Tips SEO untuk Startup

Mengoptimalkan SEO untuk sebuah startup tanpa mengeluarkan biaya sangatlah sulit. Sebagai seseorang yang masih baru dibidang ini, tentu anda bingung harus bagaimana. Mengawali SEO anda dengan beberapa penelitan lebih dalam mengenai SEO itu sendiri adalah hal terbaik, namun bagaimana kelanjutannya? Simak baik-baik tips-tips berikut agar SEO Startup anda sukses!

1. Menentukan tujuan dan hasil yang diinginkan

Pertama-tama mari menganalisa bisnis anda. bisnis apa yang anda mulai? bagaimana startup anda? bagaimana anda mendapatkan keuntungan dari bisnis anda? Siapa target anda? Apakah traffic website anda harus tinggi?

Setelah menganalisa pertanyaan- pertanyaan ini, anda baru dapat menentukan jawaban anda akan pertanyaan yang muncul sebelumnya. Contoh beberapa bisnis Startup adalah Saas (Software as a Service). Bisnis ini menawarkan software berbasis Cloud yang dapat digunakan baik secara mandiri maupun via pihak ketiga. Saas mendapatkan keuntungan dari pelanggan yang berlangganan atau membeli produk software yang ditawarkan. Selanjutnya ada publisher komik online yang lagi booming. Beberapa contohnya adalah Webtoon, Ciayo, Tapas dan Re:on yang sangat diminati oleh kalangan anak-anak hingga dewasa. Publisher komik online ini mengambil keuntungan dari merchandise yang dijual dan subscribe. Selain itu, traffic yang tinggi juga merupakan salah satu tujuan agar website menjadi semakin populer. Selain itu ada juga bisnis lokal seperti toko pernak-pernik, restoran, dan masih banyak lagi yang dapat digabungkan dengan e-commerce.

2. Memonitori perkembangan website

Untuk melakukan tracking perkembangan website anda, umumnya adalah dengan menggunakan Google analytics. kemudian gunakan Google Search Console untuk memonitori website anda agar ada adalam pencarian google. Selain itu, anda bisa mengintegrasikan CRM dengan website anda untuk mendapatkan lead.

3. Review SEO anda

Tidak ada yang tau bagaimana cara search engine crawling website anda. Namun agar website anda terdapat di pencarian yang tentunya paling atas, inilah beberapa faktor yang harus diperhatikan.

  • Robot.txt, Robot.txt dapat menutup website anda agar tidak ditemukan search engine. Biasanya ini digunakan apabila melakukan update page tersebut. Namun, apabila tidak dikembalikan seperti semula atau mengijinkan search engine untuk menemukan website, akan berakibat fatal. Karena itu, sangat disarankan untuk selalu melakukan audit robot.txt jika memang dilakukan perubahan.
  • 404 Pages, Adalah tampilan yang muncul apabila page tersebut tidak memiliki konten atau kesalahan link. 404 pages berakibat sangat fatal pada ranking website anda di search engine. Karena itu, jika terjadi perubahan link, gunakan 301 page redirect atau mengupdate link terbaru.
  • Duplikasi Konten, Jika terdapat konten yang sama dengan URL yang berbeda akan membingungkan search engine untuk menentukan yang mana satu harus ditampilkan di hasil pencarian. Hal ini juga akan menurunkan ranking website anda.
  • Page Loading time, Kecepatan loading website anda juga mempengaruhi ranking SEO. Jika website anda terlalu lambat, disarankan untuk mencari tahu penyebabnya dan menaikkan kecepatannya.
  • Broken Link, Mengarahkan ke halaman dengan link yang rusak atau sumbernya yang di take down dapat menurunkan ranking SEO anda.

4. Cari tahu reputasi brand anda

Coba cari nama brand anda di google dan lihat hasilnya. Apakah hasil yang ditampilkan memuaskan atau masih kurang maksimal? Jika belum memuaskan, ayo tingkatkan lagi namun anda harus memastikan beberapa hal berikut ini.

  • Review atau berita yang kurang baik mengenai brand anda
  • Gunakan auto-suggest untuk melihat keyword long-tail brand anda
  • Pastikan juga link ke sosial media anda seperti facebook, twitter, dan linkedin
  • Untuk memastikan lagi, gunakan keyword seperti “alternatif” atau perbandingan dengan kompetitor brand anda

5. Selalu update dengan informasi terbaru mengenai SEO

Cari tau trend SEO terkini atau informasi mengenai SEO dari beberapa situs ternama seperti Yoast, Moz, SEMrush dan Neil Patel. Situs-situs ini memberikan informasi mengenai bagaimana cara kerja SEO dan menyediakan tips dan trick untuk meningkatkan ranking website anda.

SEO sama pentingnya dengan live-chat. Jika anda menyediakan fitur live-chat namun website anda memiliki SEO yang buruk, live-chat yang anda gunakan akan sia-sia. Namun, bagaimana sebaliknya? anda memiliki SEO yang baik, tetapi menghubungi anda masih menggunakan cara yang konvensional atau via email? pertimbangkan untuk menambahkan live-chat di website anda. Freshchat adalah salah satu apps live-chat yang dapat dipasang di website anda dan in apps chat.

Simillar post