Mengatasi Kekurangan Aplikasi Notion dengan Alternatif Software All-in-One

kevin

Share on:

Notion merupakan software atau platform yang sering digunakan sebagai ruang kerja online. Sebab platform tersebut dapat membantu tim berkolaborasi dalam mengerjakan konten dengan lebih terorganisir.

Platform produktivitas ini menawarkan berbagai fitur, termasuk catatan, tugas, wiki, dan basis data, yang dapat digabungkan dan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik setiap pengguna. 

Notion sebagai editor teks berfitur lengkap dapat digunakan sebagai notepad multiguna, memungkinkan pengguna untuk membuat halaman sebanyak yang mereka inginkan dan menggunakan templat yang tak terhitung jumlahnya untuk membuat to do lisy, kompilasi film, dan banyak lainnya.

Mengenal Histori Aplikasi Notion

ilustrasi pengembangan SDM dalam sebuah perusahaan

Notion adalah aplikasi web produktivitas dan pencatatan free-mium yang dikembangkan oleh Notion Labs Inc. Platform ini menawarkan alat bantu organisasi termasuk manajemen tugas, pelacakan proyek, daftar tugas, dan penandaan. Fitur offline tambahan ditawarkan oleh aplikasi desktop dan seluler yang tersedia untuk Windows, macOS, Android, dan iOS. 

Notion Labs Inc adalah perusahaan rintisan yang berbasis di San Francisco, didirikan pada tahun 2013 oleh Ivan Zhao, Chris Prucha, Jessica Lam, Simon Last, dan Toby Schachman. Pada bulan Maret 2018, versi 2.0 dirilis, yang mendapat peringkat #1 Product of the Month di Product Hunt. Pada bulan Juni 2018, aplikasi versi Android resmi dirilis. 

Pada tahun 2022, Notion meluncurkan Certified Program, sebuah akreditasi resmi yang memungkinkan pengguna untuk memperluas keahlian mereka. Platform ini juga bergabung dengan Security First Initiative, sebuah koalisi perusahaan teknologi yang berjanji untuk berbagi informasi keamanan dengan pelanggan mereka. 

Pada bulan Juni 2022, perusahaan mengakuisisi perangkat lunak kalender Cron untuk menambahkannya ke dalam rangkaian aplikasi produktivitasnya. Software ini adalah alat yang intuitif, gratis, fleksibel, dan dapat disesuaikan yang memungkinkan pengguna untuk membuat dasbor yang luar biasa, membangun hampir semua hal yang mereka inginkan, menyesuaikannya sesuai dengan selera dan gaya mereka, atau bahkan mempublikasikannya ke web.

Bagaimana Cara Menggunakan Notion dengan Efektif?

Untuk menggunakan software ini secara efektif, berikut beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan:

  • Tentukan Tujuan Pemakaian 

Notion adalah alat kompleks dan serba guna yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk pencatatan, pengorganisasian ide, manajemen proyek, dan mengorganisir kehidupan. Mengetahui penggunaan aplikasi ini dapat membantu pengguna memaksimalkan potensinya.

  • Atur dengan Baik

Untuk memastikan keberhasilan, pengguna harus mengatur Notion dengan benar sejak awal. Ini termasuk membuat ruang kerja, mengatur halaman, dan mengorganisir konten.

  • Customize Notion

Aplikasi ini dapat disesuaikan untuk bekerja sesuai dengan kebutuhan pengguna, dan dapat digunakan untuk menulis, merencanakan, dan mengorganisir dalam satu tempat. Pengguna dapat membuat dokumen yang indah dengan gambar, daftar tugas, dan lebih dari 20 jenis konten lainnya, serta menyusun halaman dalam halaman untuk mengorganisir informasi.
Pengguna juga dapat menggunakan fitur gaya teks, dukungan untuk gaya Markdown, opsi mengubah huruf dan ukuran, serta warna dan cara mengaplikasikannya.

  • Manfaatkan fitur-fiturnya

Notion menawarkan beberapa alat manajemen proyek, termasuk kemampuan untuk melihat tugas dalam format daftar tugas tradisional, garis waktu visual, tabel, galeri, atau kalender, sehingga lebih mudah mengorganisir dan memberi prioritas pada tugas. 

Software ini juga memiliki fitur penghematan waktu yang memudahkan pembuatan konten, pencatatan, pengorganisiran proyek, otomatisasi alur kerja, atau penugasan tugas. Pengguna juga dapat menggunakan basis data Notion, yang merupakan dasar dari aplikasi ini, untuk mengorganisir dan mengelola informasi.

  • Pelajari Shortcut 

Notion memiliki banyak shortcut yang dapat memperluas fungsionalitasnya lebih jauh. Belajar shortcut ini dapat membantu pengguna menghemat waktu dan menjadi lebih produktif.

  • Integrasikan dengan Aplikasi Lain

Notion dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain untuk mengoptimalkan proses kerja, berbagi konten, dan mengotomatisasi tugas. Beberapa integrasi yang populer meliputi Google Drive, Trello, dan Slack.

Secara keseluruhan, aplikasi ini adalah alat yang kuat dan serbaguna yang dapat membantu pengguna tetap terorganisir, melacak tugas-tugas harian, dan mencapai tujuan pribadi dan pekerjaan. Dengan mengikuti tips dan trik ini, pengguna dapat menggunakan platform ini dengan efektif dan memaksimalkan potensinya.

Manfaat Menggunakan Notion untuk Produktivitas Kerja

Menggunakan aplikasi ini untuk produktivitas kerja dapat memberikan beberapa manfaat, termasuk:

  • Peningkatan kolaborasi

Notion memungkinkan tim untuk berkolaborasi pada proyek secara real-time dari berbagai perangkat, sehingga memudahkan kerja sama dan berbagi informasi.

  • Manajemen tugas yang lebih baik

Software satu ini menawarkan berbagai alat manajemen proyek, termasuk kemampuan untuk melihat tugas dalam format daftar tugas tradisional, garis waktu visual, tabel, galeri, atau kalender, sehingga lebih mudah mengorganisir dan memberi prioritas pada tugas.

  • Efisien biaya

Platform ini adalah ruang kerja serba guna yang menghilangkan kebutuhan perusahaan untuk mendapatkan dan menggunakan alat-alat terpisah seperti CRM, onboarding, dan alat manajemen proyek, sehingga menjadi solusi yang efisien biaya.

  • Ramah pengguna

Setelah pengguna menguasai banyak fitur, pembuatan halaman dan konten seharusnya lebih mudah dibandingkan dengan platform lain, menjadikannya alat yang ramah pengguna.

  • Dapat Dikustomisasi

Aplikasi satu ini dapat disesuaikan untuk bekerja sesuai dengan kebutuhan pengguna, dan dapat digunakan untuk menulis, merencanakan, dan mengorganisir dalam satu tempat. Pengguna dapat membuat dokumen yang indah dengan gambar, daftar tugas, dan lebih dari 20 jenis konten lainnya, serta menyusun halaman dalam halaman untuk mengorganisir informasi.

Secara keseluruhan, Notion dapat membantu pengguna tetap terorganisir, melacak tugas-tugas harian, dan mencapai tujuan pribadi dan pekerjaan, menjadikannya alat produktivitas yang kuat dan fleksibel.

Kekurangan Notion Bisa Anda Atasi dengan Ini

Di antara sekian banyak daftar kelebihan dan manfaat dari fitur Notion di atas. Sebagai online working space, tentu saja ada kekurangan pada platform yang satu ini. Platform satu ini tidak menyediakan fitur chat, call & meeting conference bagi para penggunanya. 

Namun Anda tak perlu khawatir, saat ini telah tersedia alternatif aplikasi atau software penunjang produktivitas yang bisa Anda gunakan dengan fitur komplit. Kegiatan bekerja dan berkolaborasi menjadi lebih mudah dan terpusat all-in-one di satu aplikasi saja.

Dapatkan produktivitas yang tak tertandingi dengan Lark Suite dari Weefer. Beberapa fitur unggulan dapat langsung Anda rasakan.

  • Kolaborasi Real-time

Lark Suite memungkinkan kolaborasi tim dalam waktu nyata, memungkinkan anggota tim untuk berbagi informasi, dokumen, dan ide secara instan.

  • Pesan dan Video Konferensi

Anda dapat melakukan panggilan suara dan video berkualitas tinggi serta berbagi layar dengan mudah, yang memungkinkan pertemuan virtual yang efisien.

  • Manajemen Tugas

Lark Suite memiliki alat manajemen tugas yang kuat, termasuk daftar tugas, pengingat, dan penugasan, sehingga tim Anda dapat mengorganisir dan memprioritaskan pekerjaan dengan baik.

  • Kemampuan Berbagi Dokumen

Pengguna dapat berbagi, mengedit, dan bekerja sama pada dokumen secara bersamaan, tanpa perlu beralih antar aplikasi.

  • Jadwal dan Kalender

Mengintegrasikan kalender dan jadwal yang memungkinkan Anda melihat dan mengatur pertemuan, acara, dan tugas dengan mudah.

  • Keamanan Data

Lark Suite memberikan tingkat keamanan tinggi untuk melindungi data dan informasi bisnis Anda.

  • Integrasi dengan Aplikasi Lain

Lark Suite dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi lain yang umum digunakan, memastikan keterhubungan dan sinkronisasi yang mulus.

  • Akses dari Mana Saja

Anda dapat mengakses Lark Suite dari berbagai perangkat, baik desktop maupun ponsel, sehingga tim Anda dapat bekerja secara efisien, bahkan saat sedang bepergian.

Dengan fitur-fitur tersebut, Lark Suite memberikan solusi lengkap untuk meningkatkan produktivitas dan keterlibatan karyawan dalam lingkungan kerja yang modern. Cari tahu penawaran terbaiknya di sini.

Optimalisasi Keterlibatan Karyawan dan Tingkatkan Kinerja Tim Anda dengan SAP SuccessFactors

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk membentuk masa depan talenta Anda lebih baik. Temukan potensi penuh dengan SAP SuccessFactors sekarang!

Hubungi SalesDemo Gratis Sekarang
kevin

Share on:

Categories: (1)

Karyawan
To the top