Catat 6 Cara Ini untuk Meningkatkan Motivasi Kerja!

Dalam bekerja, setiap orang akan dihadapkan dengan berbagai macam tantangan, termasuk kejenuhan dalam bekerja. Maka dari itu memiliki motivasi kerja sangatlah penting demi kelancaran karir, seseorang harus memiliki tekad dan motivasi yang kuat agar dapat menghadapi segala kemungkinan di lingkungan kerja.

Pencapaian dan pengembangan perusahaan juga akan terhambat dan kurangnya motivasi akan berpengaruh terhadap kinerja dan produktivitas karyawan. karena karyawannya mengalami demotivasi.

Lalu bagaimana caranya untuk mengembalikan motivasi bekerja? Simak artikel berikut!

Apa itu motivasi kerja?

Motivasi kerja merupakan stimulus atau rangsangan bagi setiap pegawai untuk bekerja dalam menjalankan tugasnya. Dengan motivasi yang baik maka para pegawai akan merasa senang dan bersemangat dalam bekerja sehingga mengakibatkan perkembangan dan pertumbuhan yang signifikan pada diri organisasi. 

Tidak ada alasan untuk tidak memiliki semangat dalam bekerja, apapun kondisinya dalam bekerja. Untuk membina motivasi diri dalam bekerja, awali dengan niat untuk beribadah, kemudian syukuri pekerjaan saat ini, dan memiliki mental juara agar memiliki motivasi yang tinggi untuk memberikan yang terbaik.  

Motivasi setiap orang dalam bekerja tentu berbeda-beda tergantung kondisi dan kepribadian masing-masing.

Motivasi kerja dapat berupa kehendak atau keinginan, yang dapat memicu semangat dan dorongan untuk bekerja dengan baik. Akan tetapi, motivasi kerja juga dapat mengalami peningkatan atau penurunan karena satu dan lain hal.

Mengapa bisa terjadi penurunan motivasi?

Penurunan motivasi juga disebabkan oleh pengaruh dari dalam diri sendiri dan dari luar. Jika terus dibiarkan, maka motivasi tersebut lama kelamaan akan hilang dan membuat orang bekerja dengan rasa terpaksa. Akibatnya, kualitas kerja seseorang juga akan menurun dan itu akan berpengaruh terhadap pencapaian visi dan misi perusahaan.

Kita perlu mengetahui penyebab turunnya motivasi kinerja karyawan, dengan begitu kamu bisa mendapatkan solusi dan dapat mengatasinya supaya mengembalikan motivasi kerja. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan turunnya motivasi kerja.

  1. Tidak puas dengan gaji yang diterima

Salah satu tujuan utama seseorang bekerja untuk mencukupi kebutuhan hidup dengan mendapatkan uang. Jika jumlah gaji yang diterima tidak sesuai dengan pekerjaannya tentu akan membuat motivasi seseorang menjadi menurun. Seseorang akan merasa tidak puas dan tidak dihargai karena jumlah penghasilan yang tidak sebanding dengan usahanya.

  1. Lingkungan kerja yang kurang nyaman

Lingkungan kerja yang nyaman akan membuat karyawan menjadi lebih bersemangat dalam melakukan pekerjaannya. Namun, jika lingkungan kerja yang kurang nyaman karena hal tertentu akan menyebabkan turunnya motivasi. Contohnya karena fasilitas yang kurang memadai, rekan kerja, atau atasan yang tidak kooperatif akan mempengaruhi suasana hati saat bekerja. Selain itu keadaan sekitar yang berisik, terlalu padat, serta pengelolaan jaminan K3 yang kurang baik juga dapat berpengaruh terhadap motivasi dan produktivitas kerja.

  1. Perlakuan yang tidak adil

Adanya perbedaan atau diskriminasi dalam lingkungan kerja juga dapat menyebabkan turunnya motivasi kerja seseorang. Contohnya nepotisme, senioritas, dan segala hal yang berkaitan dengan perlakuan tidak adil akan berpengaruh terhadap psikologis seseorang. Akibatnya, kinerja menurun karena kurangnya motivasi.

  1. Kurangnya apresiasi

Semua orang suka jika hasil tugas yang dikerjakannya diberikan apresiasi, karena saat mengerjakan tugas tentunya dilakukan dengan usaha yang menyita waktu, tenaga, serta pikiran. Namun ketika pekerjaan tersebut tidak diapresiasi seseorang akan merasa gagal dan kecewa pada diri sendiri. Itulah yang mengakibatkan turunnya motivasi bekerja.

  1. Beban kerja yang berlebihan

Melakukan terlalu banyak pekerjaan terutama yang di luar dari jobdesk akan membuat seseorang menjadi terlalu lelah hingga hilangnya motivasi. Belum lagi jika beban pekerjaan yang diberikan tidak dibarengi dengan upah tambahan. Seseorang juga akan merasa tertekan karena pekerjaan yang menumpuk.

  1. Kurangnya keterampilan kerja

Hal ini berkaitan dengan skill yang dimiliki seseorang dalam melakukan pekerjaannya. Terlebih jika perusahaan tidak menyediakan pelatihan rutin untuk pengembangan kemampuan kerja karyawannya. Hal tersebut akan menyebabkan turunnya motivasi kerja seseorang.

  1. Tidak memiliki tujuan hidup yang jelas

Ketika seseorang tidak tau arah tujuan hidupnya, atau tidak memiliki cita-cita atau impian yang ingin dicapai hal tersebut dapat menurunkan motivasi kerja. Hal ini diakibatkan saat seseorang tidak tau apa yang harus dilakukan selanjutnya atau tidak punya tantangan, maka orang tersebut akan kehilangan motivasi kerja.

  1. Siklus kerja yang monoton

Rutinitas di kantor yang statis dapat membuat seseorang menjadi bosan dan akhirnya motivasi kerjanya menurun.

  1. Jam kerja yang terlalu lama

Pemerintah telah mengatur jumlah jam kerja yang ideal bagi setiap pegawai yaitu 8 jam sehari dengan waktu istirahat sekurang-kurangnya 1 jam dan 5 hari kerja dengan 2 hari libur. Namun, tidak jarang perusahaan yang mengharuskan pekerjanya bekerja selama 24 jam sehari secara tidak resmi dan tanpa bayaran uang lembur.

  1. Bidang pekerjaan yang tidak sesuai minat

Rata-rata orang akan mencari pekerjaan yang sesuai dengan minatnya, sehingga dapat melakukan pekerjaan tersebut secara maksimal dengan hati gembira. Namun saat orang tersebut tidak bekerja sesuai dengan minat dan bakatnya akan membuat orang tersebut cepat bosan dan kehilangan motivasinya.

Baca juga: 5 Tips Noteworthy agar Goal Setting Karyawan Bisa Tercapai

Cara meningkatkan motivasi kerja

Turunnya motivasi kerja dapat berpengaruh terhadap kelangsungan perusahaan dan psikologis seseorang. Oleh sebab itu, setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab turunnya motivasi kerja, Anda perlu melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan semangat dan motivasi kerja.

Berikut ini adalah cara untuk membangkitkan motivasi dalam bekerja dan cara mempertahankan motivasi:

  1. Reward / Hadiah

Sejak kecil mungkin kita sudah terbiasa dengan didikan orang tua yang akan memberikan kita hadiah jika berhasil menyelesaikan tugas. Hal ini juga berlaku bagi orang dewasa, kita akan merasa senang atau dihargai saat mendapatkan reward/hadiah. Maka dari itu perlu sesekali kita memberikan diri sendiri hadiah untuk menambah motivasi kerja.

  1. Membuat Tujuan

Tujuan hidup yang jelas sangatlah penting untuk membangun motivasi. Oleh karena itu, kamu perlu menentukan tujuan, cita-cita, dan impian yang ingin kamu raih untuk meningkatkan semangat dan  motivasi dalam bekerja. Kemudian, fokuslah terhadap tujuan tersebut. Dengan begitu, ketika bekerja Anda akan melihatnya sebagai usaha untuk mencapai impian yang diinginkan.

  1. Melihat atau mendengar cerita orang yang sudah berhasil

Motivasi bisa datang dari mana saja, salah satunya melalui cerita orang terdekat yang sudah berhasil. Dengan itu kita bisa mendapatkan banyak pelajaran, masukan untuk diri sendiri, serta belajar dari apa yang sudah mereka lewati agar menjadi motivasi.

  1. Bekerja sesuai dengan minat

Sebaiknya ketika Anda melamar pekerjaan, pilihlah pekerjaan yang sesuai minat dan bakat agar Anda tidak akan melihat pekerjaan tersebut sebagai beban dan merasa terpaksa. Melakukan pekerjaan yang sesuai dengan minat akan meningkatkan motivasi karena rasa suka Anda terhadap pekerjaan tersebut.

  1. Lakukan Outbond

Pergi liburan atau melakukan outing bersama dengan rekan kerja juga dapat meningkatkan motivasi kerja seseorang. Selain itu, hal ini juga dapat membuat hubungan di lingkungan kerja menjadi lebih erat dan membangun kerjasama yang lebih baik.

  1. Ciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan dipenuhi energi positif

Membuat lingkungan kerja yang nyaman adalah kewajiban perusahaan. Namun, hal itu tentunya perlu dukungan semua orang yang ada di perusahaan. Fasilitas yang nyaman, aman, dan sehat dapat meningkatkan motivasi seseorang untuk bekerja dengan lebih semangat. Selain itu, energi positif yang dihasilkan dari hubungan dan kerjasama antar rekan kerja yang baik juga dapat menambah semangat seseorang.

Cara Mempertahankan Motivasi Kerja

Adapun cara-cara mempertahankan motivasi dalam bekerja sebagai berikut :

  1. Niatkan bekerja adalah ibadah
  2. Bersyukur dengan apa yang dimiliki
  3. Ingatlah kepada orang-orang yang bergantung kepada kita
  4. Ingatlah manfaat yang bisa kita berikan pada orang lain.
  5. Memberi semangat kepada orang lain.

Menambah motivasi kerja memang bukan hal yang mudah, namun jika kamu terbiasa untuk menerapkannya dalam keseharian pekerjaanmu hal itu akan memudahkan untuk tetap stabil dalam melakukan pekerjaan. Yang kamu lakukan sekarang mungkin belum terlihat buahnya. Tapi, akan ada hasil yang manis menunggu kamu, kalau kamu tetap semangat dan tidak menyerah. Buat dirimu di masa depan nanti berterima kasih pada dirimu sekarang, karena sudah melakukan yang tepat, ya!

Master Admin

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts