Pentingnya Strategi Sumber Daya Manusia bagi Bisnis Menghadapi Persaingan

Sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan memegang peran yang esensial. Strategi sumber daya manusia di perusahaan secara sederhana adalah memastikan perusahaan mendapatkan SDM dan menggunakannya secara optimal.

Strategi sumber daya manusia berperan penting dalam menunjang pertumbuhan bisnis. Dengan strategi yang tepat, perusahaan dapat mengikuti perubahan kondisi bisnis dengan cepat.

Secara umum strategi SDM ini adalah upaya dalam melakukan perencanaan yang matang bagi masa depan perusahaan. Tidak hanya itu, namun juga memastikan perusahaan tetap mendapatkan SDM berkualitas sesuai dengan kebutuhan.

Lalu, apa pengertian strategi sumber daya manusia? Apa saja fungsinya? Dan, bagaimana penerapan strategi SDM dalam perusahaan? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Pengertian Strategi Sumber Daya Manusia

Ilustrasi strategi sumber daya manusia perusahaan teh

Yang dimaksud dalam strategi sumber daya manusia di perusahaan adalah bagaimana sebuah bisnis mendapatkan dan mengelola karyawan yang memiliki keahlian sesuai kebutuhan.

Strategi dalam ini termasuk upaya menjaga agar perusahaan tidak kelebihan atau kekurangan SDM untuk berjalan secara optimal. Strategi SDM yang ditetapkan perusahaan juga dalam rangka meningkatkan produktivitas perusahaan.

Jika sebuah perusahaan memiliki SDM sesuai dengan kebutuhan, maka perusahaan dapat memenuhi tujuan awal dan menghasilkan keuntungan.

Selain mencari dan mendapatkan SDM yang berkualitas. Strategi yang mumpuni diperlukan pula untuk menjaga loyalitas kerja sumber daya manusia. Bayangkan, jika perusahaan memiliki turnover rate yang tinggi pasti berdampak pada performa secara keseluruhan.

Mengapa Strategi Sumber Daya Manusia Diperlukan

Praktik pengembangan dan strategi SDM sangat diperlukan di perusahaan. Strategi tersebut dapat meliputi perencanaan bagaimana menjaga dan mengembangkan kualitas SDM perusahaan dan meningkatkan kinerja.

Strategi SDM memiliki peran penting dalam menjaga perkembangan. Hal ini vital mengingat bisnis selalu berubah. Perusahaan perlu tetap bertumbuh dinamis sejalan dengan perubahan kondisi bisnis.

Perusahaan memiliki masa depan dan dapat berkembang dengan baik jika memiliki strategi yang jitu. Termasuk strategi dalam mengembangkan sumber daya manusia. SDM yang berkualitas dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan menghindari konflik internal yang mungkin terjadi.

Tantangan Membentuk SDM yang Berkualitas

Dalam perjalanan bisnis, perusahaan pasti menghadapi banyak rintangan dan tantangan. Terutama rintangan yang berkaitan dengan sumber daya manusia.

Tantangan yang paling umum dialami perusahaan adalah mendapatkan SDM yang berkualitas. Sumber daya berkualitas tidak hanya sebatas pada kemampuan individu. Tapi juga termasuk attitude bahkan kesesuaian antara karyawan dengan job description yang diberikan.

Bagi divisi human resource yang bertugas mencari dan mendapatkan SDM yang terampil sering menemukan tantangan. Seperti kesesuaian jenjang pendidikan dengan posisi yang tersedia.

Perusahaan juga perlu memperhatikan pekerja dengan potensi terbaik. Agar dapat dipilih, dan dilatih untuk meningkatkan kompetensi dalam dunia kerja. Selain itu, kompensasi yang setara juga diperlukan untuk menjaga loyalitas karyawan terhadap perusahaan.

Divisi HR sering menemukan rintangan dalam mengambil keputusan. Terlebih, jika dihadapkan pada keputusan apakah mau mempertahankan atau mengambil kebijakan pengurangan orang.

Perencanaan Strategi SDM

Dalam membentuk strategi sumber daya manusia, memerlukan beberapa tahapan agar strategi yang dibuat bisa memberi baik sesuai dengan keinginan.

Strategi yang baik berbarengan dengan program-program pengembangan SDM, dapat membantu perusahaan mendapatkan dan menjaga SDM berkualitas. Berikut ini perencanaan strategi sumber daya manusia yang dapat dilakukan perusahaan.

Menentukan kualitas karyawan

Ada baiknya divisi yang berkaitan dengan SDM memahami terlebih dahulu kualitas karyawan yang dibutuhkan perusahaan. Sehingga, mempermudah proses mencari dan mempertahankan karyawan yang dirasa sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Menjaga ketersediaan tenaga kerja

Strategi SDM yang tidak kalah penting adalah memastikan bahwa jumlah karyawan yang ada sudah sesuai. Tidak kurang, dan tidak berlebih. Ini dilakukan untuk mengurangi potensi perusahaan kekurangan tenaga kerja, atau justru terlalu berlebih sehingga kinerja juga tidak maksimal.

Meminimalisasi terjadinya kesalahan dalam pekerjaan

Manusia memang tidak lepas dari kesalahan. Tapi coba bayangkan, jika dalam bekerja terlalu banyak kesalahan yang karyawan anda lakukan. Selain merugikan, hal tersebut juga dapat menghambat pertumbuhan perusahaan dalam jangka panjang.

Salah satu cara untuk mengurangi kesalahan dalam pekerjaan adalah dengan memberikan job description sejelas mungkin.

Baca Juga: Mengenal Struktur dalam Perusahaan dan Tugas Setiap Jabatan

Membuat pedoman pengembangan karyawan

Strategi sumber daya manusia yang bagus memerlukan pedoman dan aturan bagi divisi terkait. Pedoman tersebut dapat meliputi pedoman saat melakukan proses recruitment, pemilihan calon karyawan, dan program untuk meningkatkan kualitas SDM yang sudah ada.

Penilaian kinerja SDM

Strategi SDM selain digunakan dalam proses mencari dan mendapatkan karyawan yang berkualitas, juga harus mencakup penilaian kinerja sumber daya tersebut.

Penilaian dapat digunakan untuk mengetahui apakah SDM yang dimiliki sekarang sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum. Jika tidak, penilaian dapat digunakan sebagai pedoman seperti apa sumber daya manusia yang dibutuhkan perusahaan di masa yang akan datang.

Pentingnya Strategi SDM yang Baik

Perencanaan strategi sumber daya manusia merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. Karena, sumber daya manusia adalah aset berharga bagi perusahaan.

Berikut ini pembahasan mengenai pentingnya strategi SDM yang baik.

A) Pemenuhan kebutuhan tenaga kerja

Bagi perusahaan yang sedang berkembang, kebutuhan tenaga kerja di masa yang akan datang harus selalu terjamin. Untuk itu, strategi SDM diperlukan untuk memastikan apakah divisi terkait perusahaan anda dapat menjamin ketersediaan tenaga kerja jika suatu saat diperlukan.

Fungsi ini penting karena berkaitan langsung dengan kelancaran perusahaan. Serta, memastikan bahwa perusahaan tidak akan kekurangan tenaga kerja dan menghambat laju pertumbuhan perusahaan.

B) Mendapatkan SDM yang kompeten

Strategi dan perencanaan SDM yang matang dapat menjamin bahwa bisnis mendapatkan tenaga kerja terampil sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Strategi SDM berfungsi sebagai pedoman perusahaan dalam mendapatkan karyawan yang sesuai dengan posisi yang tersedia.

C) Pengembangan SDM yang telah ada

Dalam pengembangan sumber daya manusia, perusahaan perlu mengetahui keterampilan apa yang saat ini sedang diperlukan. Tentunya keterampilan tersebut yang berhubungan dengan perkembangan perusahaan.

Dengan strategi yang baik, perusahaan dapat memberi pelatihan kepada tenaga kerja yang dirasa sesuai agar dapat meningkatkan kompetensi pekerja tersebut.

D) Memanfaatkan SDM semaksimal mungkin

Jika perusahaan telah mendapatkan SDM yang sesuai, maka strategi dalam pengembangan SDM perlu memastikan bahwa sumber daya yang didapat mampu beroperasi secara efektif. Pemanfaatan SDM secara optimal akan menunjang kemampuan bisnis untuk menghasilkan keuntungan lebih maksimal.

Dari semua penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa strategi dalam pengelolaan sumber daya manusia merupakan hal penting bagi perusahaan. Selain untuk mendapatkan SDM yang sesuai dengan perusahaan, strategi tersebut penting untuk menjamin kinerja karyawan.

Upaya pengembangan strategi SDM juga penting untuk dilakukan saat ini. Mengingat perubahan yang dibawa era teknologi begitu pesat.

Mohamad Krisna

Categories:

Karyawan

Tags:

sdm

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts