Company Profile: Definisi, Cara Membuat, dan Contohnya

Era digital dewasa ini ikut mendorong kesadaran personal branding banyak orang. Namun, branding tidak hanya untuk perorangan saja. Perusahaan dapat memiliki company profile sebagai media mereka untuk membuat branding perusahaan.

Sebuah company profile dapat menjadi sumber informasi lengkap mengenai perusahaan. Seperti informasi produk apa yang ditawarkan, atau pada bidang apa perusahaan tersebut bergerak.

Memiliki profil perusahaan dapat menjadi strategi brand positioning yang efektif. Karena, dalam profil perusahaan anda dapat mencantumkan informasi seperti pembeda brand anda dari yang lain. Hal tersebut akan menambah keunikan brand anda.

Company profile memang hal yang sangat penting untuk dimiliki bisnis. Jika anda tertarik membuat profil perusahaan yang baik dan benar, maka anda datang ke artikel yang tepat.

Pengertian Sekilas Company Profile

Company profile adalah uraian umum tentang sebuah perusahaan. Sehingga, orang bisa langsung memahami produk atau jasa yang ditawarkan. Informasi tersebut dapat membantu menjelaskan visi, misi, dan sejarah berdirinya perusahaan.

Perusahaan yang memiliki profil perusahaan sering menggunakannya untuk menjelaskan kepada publik tentang jati diri dan proses berjalannya perusahaan.

Dengan profil perusahaan, membantu perusahaan untuk membentuk brand awareness di masyarakat. Brand awareness sendiri adalah tingkat seberapa jauh orang memahami produk atau merek. Memiliki brand awareness yang baik bisa menjadi daya saing tersendiri bagi bisnis.

Umumnya, profil perusahaan mengandung informasi berupa profil perusahaan. Profil perusahaan dapat berupa sejarah berdirinya perusahaan, info manajemen perusahaan, dan lainnya.

Baca Juga: Mengenal Struktur dalam Perusahaan dan Tugas Setiap Jabatan

Mengapa Company Profile Itu Penting?

Zaman digital dengan informasi yang serba cepat membuat orang sangat mudah melewatkan informasi. Tidak terkecuali informasi tentang profil perusahaan. Apalagi, jika perusahaan tidak memberi informasi detail tentang diri mereka.

Sebuah profil perusahaan dapat mengubah hal tersebut. Karena, company profile dapat menjelaskan bagaimana sejarah perusahaan anda berdiri.

Sehingga, profil tentang perusahaan anda dapat dengan mudah dipahami oleh orang lain. Selain mendatangkan konsumen, profil perusahaan juga dapat menarik perhatian investor.

Berikut penjelasan pentingnya profil perusahaan secara lebih detail.

Menjadi Pembeda Brand

Secara garis besar, memiliki profil perusahaan dapat menjelaskan mengapa perusahaan anda berbeda dari yang lain.

Cerita detail mengenai bagaimana perusahaan anda berdiri, dan alasan anda tetap ada hingga sekarang memberi nilai lebih pada strategi brand positioning perusahaan anda. Sehingga, profil perusahaan mendorong perkembangan brand anda.

Membangun Reputasi

Profil perusahaan membantu anda memperkenalkan bisnis anda. Anda dapat memberi kesan seperti apa perusahaan anda ingin dikenal. Apakah sebagai bisnis keluarga yang tumbuh menjadi perusahaan besar? Atau perusahaan startup yang ingin membuat terobosan baru?

Perusahaan dapat membangun reputasi melalui upaya marketing, sales, dan layanan yang tersedia. Namun, perlu diingat semua hal itu dimulai dari profil perusahaan.

Menarik Konsumen dan Investor

Seperti yang sudah dijelaskan, profil perusahaan merupakan media memperkenalkan perusahaan kepada calon konsumen.

Konsumen akan merasa menjadi bagian perjalanan bisnis anda dengan mengetahui perusahaan anda. Profil perusahaan dapat membantu calon konsumen lebih memahami bisnis anda. Akibatnya, tumbuh loyalitas dari konsumen anda.

Sebuah profil perusahaan yang baik dapat menarik investor. Sebagai investor, mengetahui seluk-beluk perusahaan tentu hal yang penting. Informasi seperti manajemen perusahaan, siapa saja yang terlibat, dan model bisnis perusahaan merupakan informasi penting.

Informasi penting tersebut di atas tentu saja dapat anda cantumkan dalam profil perusahaan anda.

Unsur Penting dalam Profil Perusahaan

Karena tujuan profil perusahaan sebagai sumber informasi, tentu memiliki ketentuan informasi tersebut tersampaikan dengan baik.

Unsur penting dalam profil perusahaan dapat membantu proses penyampaian informasi agar lebih efektif dan baik. Berikut ini unsur-unsur penting yang wajib ada dalam sebuah company profile.

1. Informasi Profil Perusahaan

Informasi detail dalam company profile merupakan hal yang sangat penting. Mengingat, informasi tersebut esensial dan membantu audiens memahami perusahaan lebih dalam.

Informasi detail dalam profil perusahaan dapat meliputi:

  1. Nama perusahaan
  2. Logo perusahaan
  3. Tanggal berdiri perusahaan
  4. Nomor telepon
  5. E-mail resmi perusahaan
  6. Alamat perusahaan
  7. Alamat web resmi perusahaan

2. Detail Perusahaan

Company profile yang baik harus mencantumkan berbagai informasi yang berkaitan dengan perusahaan. Termasuk detail-detail seperti visi dan misi.

Dalam profil perusahaan wajib pula untuk mencantumkan deskripsi layanan atau produk yang ditawarkan. Hal ini dapat membantu audiens lebih memahami perusahaan anda. Sehingga, profil perusahaan anda menjadi lebih efektif.

Sejarah dan perkembangan perusahaan merupakan informasi tambahan yang dapat anda masukkan dalam company profile. Ada juga beberapa perusahaan yang memberi informasi seperti portofolio klien yang menjalin kerja sama dengan perusahaan.

3. Informasi Tambahan

Anda dapat memasukkan beberapa informasi tambahan pada company profile. Informasi tersebut meliputi:

  • Penghargaan
  • Proyek atau program yang sedang berjalan
  • Jumlah karyawan
  • Performa dan kondisi keuangan
  • Mitra kerja sama
  • Penjualan tahunan

Format Company Profile

Agar penyampaian informasi efektif, sebuah profil perusahaan memiliki format dan struktur yang penting untuk diperhatikan. Beberapa poin dalam format profil perusahaan ini bersifat wajib ada, namun ada juga yang opsional.

1. Cover

Pada bagian cover depan umumnya berisi logo dan nama perusahaan. Anda dapat mempertimbangkan untuk mencantumkan alamat perusahaan.

Sampul pembuka adalah bagian pertama yang dilihat orang dari company profile perusahaan. Sehingga, anda perlu membuatnya semenarik mungkin.

2. Sejarah Perusahaan

Sejarah merupakan bagian yang biasanya berisi informasi seputar sejarah perusahaan. Informasi tersebut berupa kapan pertama kali perusahaan didirikan, siapa pendirinya, dan jenis bisnis yang dijalankan selama ini.

3. Visi dan Misi

Perusahaan yang dapat bekembang dengan baik tentu memiliki tujuan dan hal apa saja yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Semua informasi di atas dapat anda cantumkan dalam visi dan misi pada profil perusahaan anda.

Baca Juga: Pentingnya Memiliki Visi dan Misi dalam Bisnis dan Pahami Perbedaannya!

4. Produk dan Jasa yang Ditawarkan

Profil perusahaan perlu memasukkan produk dan jasa apa saja yang anda tawarkan. Informasi inilah yang akan dicari oleh konsumen dan investor. Oleh karena itu, jelaskan secara detail produk-produk perusahaan anda.

Anda juga dapat menggunakan foto dan ilustrasi untuk menjelaskan produk dan jasa perusahaan. Sehingga, lebih mudah dimengerti oleh pembaca company profile anda.

5. Cover Penutup

Untuk bagian penutup, anda dapat memberi informasi berupa alamat perusahaan, nomor telepon kantor, e-mail resmi perusahaan, akun resmi sosial media, dan website resmi perusahaan.

Informasi ini penting agar orang yang membaca company profile anda mengetahui informasi resmi kontak perusahaan anda.

Dalam company profile memungkinkan anda untuk menambahkan beberapa informasi tambahan yang bersifat opsional. Antara lain pengalaman perusahaan, testimoni konsumen, hingga struktur organisasi perusahaan.

Contoh Company Profile

Berikut beberapa contoh company profile dari beberapa perusahaan. Contoh-contoh ini dapat anda jadikan panduan dalam proses membuat company profile untuk perusahaan anda.

Google

company profile bahasa inggris

Contoh company profile di atas dapat anda lihat melalui tautan ini.

Tokopedia

contoh company profile bahasa indonesia

Untuk melihat company profile di atas lebih lengkap, silakan klik link berikut ini.

Cara dan Langkah Pembuatan Company Profile

Dalam membuat company profile tentu membutuhkan proses yang harus anda ikuti. Agar, profil perusahaan yang anda buat sesuai dengan tujuan yang anda inginkan.

Berikut ini langkah pembuatan profil perusahaan yang baik dan benar.

1. Menentukan dengan Jelas

Sebelum membuat profil perusahaan, anda terlebih dahulu perlu menentukan beberapa hal. Antara lain, produk yang anda tawarkan, nilai visi dan misi perusahaan, segmentasi pasar, hingga tujuan profil perusahaan.

Dengan menentukan hal di atas, anda dapat membuat profil perusahaan yang efektif sesuai dengan kebutuhan. Menentukan tujuan pembuatan profil perusahaan merupakan hal penting.

Karena ternyata banyak juga perusahaan yang menggunakan company profile untuk menarik minat para investor. Tidak hanya untuk menarik konsumen saja.

2. Kepenulisan

Profil perusahaan memang digunakan untuk branding perusahaan. Maka dari itu, anda memperhatikan kaidah penulisan profil perusahaan yang anda buat. Pastikan profil perusahaan anda memiliki kualitas penulisan yang sangat baik dan benar.

3. Tentukan Cara Penyampaian

Profil perusahaan yang baik harus mengikuti gaya yang sesuai dengan target konsumen dan tujuan pembuatan profil perusahaan.

Anda harus memahami seperti apa audiens yang akan membaca company profile anda. Cara penyampaian untuk target konsumen usia milenial tentu sangat berbeda dengan company profile untuk target usia 30 tahun ke atas.

4. Sesuaikan dengan Struktur

Sebuah profil perusahaan perlu mengikuti struktur pembuatan yang baik. Seperti yang telah dijelaskan di atas. Ini berfungsi agar profil perusahaan memiliki standar yang baik.

Selain itu, anda perlu menyampaikan profil perusahaan anda dalam bentuk cerita. Karena, storytelling merupakan hal yang mudah dipahami pembaca.

5. Proofreading

Dalam tahapan terakhir pembuatan profil perusahaan membutuhkan peninjauan. Tinjau ulang dari awal hingga akhir profil perusahaan anda.

Perhatikan penulisan dan gaya bahasa yang digunakan. Anda perlu meminta bantuan orang dari luar perusahaan anda dalam proses ini. Agar proses peninjauan company profile anda terbebas dari bias yang bisa saja ada.

Kesimpulan

Berikut tadi penjelasan company profile, contoh dan cara membuatnya. Dapat disimpulkan bahwa, company profile merupakan aspek yang penting untuk dimiliki bisnis.

Karena, profil perusahaan merupakan dokumentasi resmi perjalanan dan perkembangan sebuah perusahaan. Profil perusahaan dapat membantu anda menjelaskan poin pembeda dari model bisnis anda ke calon konsumen dan investor.

Mohamad Krisna

Categories:

Karyawan

Tags:

company

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts