Pengertian Learning Management System, Manfaat, dan Fungsinya

Saat ini tidak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi telah membawa banyak perubahan pada kehidupan. LMS adalah salah satu perkembangan teknologi tersebut.

LMS atau Learning Management System adalah sebuah sistem yang dikembangkan sebagai modul pembelajaran. LMS dapat berperan aktif dan penting dalam sebuah perusahaan. Karena, LMS dapat mendorong perkembangan bagi sebuah bisnis.

Perusahaan yang maju dan berkembang adalah perusahaan yang mampu menyediakan sarana bagi kemajuan sumber dayanya.

Learning management system memiliki peran yang vital bagi perusahaan. LMS dapat mendukung dan memfasilitasi sistem pembelajaran berkesinambungan. Dan, dapat digunakan oleh semua karyawan untuk mendapat pelatihan serta mengembangkan produktivitas.

Apa itu LMS?

Ilustrasi belajar online dengan LMS

Meningkatnya penggunaan e-learning pada perusahaan dan perguruan tinggi membuat LMS menjadi hal yang lumrah digunakan saat ini.

LMS adalah sebuah sistem yang dapat mengelola sistem pembelajaran online atau digital. LMS merupakan kepanjangan dari Learning Management System. Sistem ini digunakan untuk merencanakan, mengelola, dan mengatur sistem pembelajaran online.

Karena seluruh aktivitas LMS ini sudah daring, maka seluruh proses e-learning mulai dari pendaftaran, pembagian materi, kolaborasi antar peserta pelatihan, hingga pembayaran dapat dilakukan melalui komputer.

Dengan sistem LMS, setiap karyawan dalam perusahaan dapat memperoleh kesempatan belajar dan mengembangkan diri.

Hal ini akan meningkatkan produktivitas dan kualitas sumber daya manusia sebuah bisnis.

Sejarah Singkat LMS

Sejarah learning management system berkaitan sangat erat dengan perkembangan teknologi komputer. Sejarah mencatat, Cecil merupakan aplikasi LMS berbasis web pertama kali yang pernah dibuat.

Cecil dirancang sejak tahun 1995 yang mana kala itu melibatkan tenaga ahli pendidikan dan puluhan mahasiswa. Setelah itu, pada tahun 2002 mulai muncul LMS berbasis open-source bernama Moodle. Moodle menjadi cikal bakal perkembangan LMS.

Tahun 2008 menjadi tahun penuh inovasi bagi LMS. pada tahun ini, Eucalyptus, LMS pertama dengan basis cloud atau layanan komputasi awan sukses dirilis.

Eucalyptus cukup berbeda dengan LMS yang ada sebelumnya. Eucalyptus dapat menjalankan seluruh sistem pembelajaran secara daring. Sistem cloud memungkinkan Eucalyptus untuk menyimpan seluruh informasi secara daring.

Sehingga, perusahaan tidak perlu memiliki server dan pembelajaran dapat dilakukan sepenuhnya tanpa kegiatan tatap muka. Puncaknya, di tahun 2012 mulai bermunculan LMS dengan basis cloud yang dapat berjalan secara daring.

Fungsi LMS bagi Perusahaan

LMS memiliki banyak sekali jenis dan dikembangkan oleh pihak yang berbeda. Namun, tentunya secara umum LMS dapat berfungsi sebagai berikut.

1. Pendaftaran

Hadirnya learning management system sangat membantu perusahaan dalam menyelenggarakan pelatihan. Peserta dapat merasakan kemudahan dalam setiap proses pendaftaran pelatihan atau e-learning.

LMS adalah solusi proses pendaftaran agar lebih cepat dan efisien. Sehingga, tidak membuang banyak waktu bagi peserta pelatihan.

2. Kolaborasi dan Diskusi

LMS saat ini sudah menyediakan fitur untuk saling berdiskusi antar peserta pembelajaran. Hal ini memungkinkan setiap peserta untuk mengadakan sesi tanya jawab dan membuka forum diskusi secara daring.

Dalam LMS juga mendukung tiap peserta untuk berkolaborasi yang dapat dimanfaatkan peserta pendidikan untuk membentuk komunitas belajar antar sesama peserta.

3. Kelas Online dan Virtual

Kelas online merupakan fitur yang sangat penting dalam sebuah LMS. Pasalnya, kelas secara virtual adalah yang menjadi fitur utama dan pembeda LMS dengan pembelajaran secara tatap muka.

Dengan kelas virtual, sistem pembelajaran perusahaan dapat terintegrasi melalui jaringan internet.

4. Sertifikat

LMS dapat mengelola laporan hasil pelajaran atau pelatihan. Sistem pelaporan ini dilakukan secara otomatis oleh sistem.

Nantinya, peserta yang memenuhi kriteria yang diperlukan untuk lulus, bisa mendapatkan sertifikat sesuai dengan pelatihan yang diambil peserta. Sistem pelaporan juga membantu anda mengetahui kemampuan dan keahlian dari pelajaran yang sudah diikuti.

5. Tes secara Online

Learning management system saat ini sudah berjalan melalui cloud. Dengan sistem yang canggih dan terintegrasi, memungkinkan LMS menyediakan fasilitas tes secara daring kepada para peserta didik.

Fungsi ini digunakan untuk menguji pemahaman dan tingkat pengetahuan yang didapat oleh masing-masing peserta pelatihan.

Jika anda tertarik untuk mempelajari lebih dalam fungsi dan fitur LMS untuk perusahaan, silakan baca artikel berikut ini.

Manfaat LMS untuk Perusahaan

Secara umum, manfaat LMS adalah menyediakan akses pendidikan yang setara untuk setiap pekerja perusahaan anda.

Melalui sistem pembelajaran yang disediakan LMS, maka seluruh karyawan anda mendapat kesempatan yang sama akan pendidikan dan pelatihan. Hal ini dapat mendorong perkembangan perusahaan, meningkatkan produktivitas, dan efektivitas pekerja.

Bagi anda yang mulai mempertimbangkan LMS untuk perusahaan anda, berikut ini penjabaran manfaat LMS.

Pengembangan Materi Pelajaran

Manfaat LMS adalah materi yang diberikan dalam pelatihan dapat diubah dan berkembang kapanpun saat dibutuhkan. Sehingga, materi dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta.

LMS memungkinkan penyedia pelatihan untuk mengubah, menyusun, dan memperbarui materi pelajaran dengan mudah. Sistem ini sangat cocok digunakan sebagai sarana pelatihan mengingat dunia kerja yang sangat kompetitif.

Distribusi Pelajaran Lebih Mudah

Menggunakan LMS akan sangat memudahkan dalam distribusi materi pelajaran dan pelatihan. Sistem yang serba online, dan bantuan platform e-learning menunjang hal ini.

Anda dapat menyebarkan materi lewat video, buku digital, atau media lainnya yang digunakan untuk menyampaikan materi. Anda juga dapat mengadakan kuis untuk mengetahui sejauh apa pemahaman dan kemampuan peserta dalam mempelajari materi.

Peningkatan Kualitas dan Kinerja Karyawan

Bisnis saat ini makin kompetitif. Untuk itu, perusahaan anda juga membutuhkan karyawan yang terus berkembang. LMS adalah solusi yang tepat bagi anda yang ingin menyediakan media pembelajaran bagi karyawan.

Belajar Makin Produktif

Kemudahan yang ditawarkan LMS adalah salah satunya akses materi pelatihan yang tersedia secara digital. Sehingga, orang dapat mengakses materi kapan dan di mana saja.

Asalkan anda memiliki akses internet, maka materi e-learning dapat kapanpun anda dapatkan. Selain itu, materi juga dapat diakses melalui perangkat seperti komputer, smartphone, tablet, dan perangkat lainnya yang dapat terhubung ke internet.

Menghemat Biaya Pelatihan

Pelatihan menggunakan LMS dapat membantu menghemat biaya pelatihan. Karena, pelatihan dapat dilaksanakan tanpa adanya biaya tambahan seperti tempat pelatihan, biaya konsumsi peserta, dan biaya akomodasi lainnya.

Sistem ini memungkinkan pembelajaran secara digital. Ditambah, LMS saat ini sudah banyak yang menggunakan sistem cloud sehingga perusahaan tidak perlu membangun infrastruktur sendiri.

Evaluasi Pelatihan Lebih Mudah

Perkembangan dan kemajuan pelatihan yang disediakan akan lebih mudah dipantau jika menggunakan LMS. Pihak penyedia e-learning yang ditunjuk oleh perusahaan juga menyediakan informasi seputar pelatihan yang sedang dijalani.

Seperti frekuensi kehadiran peserta, hingga skor yang didapatkan ketika ada tes. Dapat langsung tersedia dalam laporan LMS yang digunakan.

Baca Juga: Learning Management Pada Industri Pertambangan

Kesimpulan

Perkembangan perusahaan sangat ditentukan dengan kualitas sumber daya manusia dalam perusahaan tersebut. Karena, hal ini berkaitan langsung dengan produktivitas karyawan.

LMS adalah pilihan tepat untuk meningkatkan kualitas SDM perusahaan anda. Semua proses pembelajaran dapat dilakukan secara daring. Anda juga dapat memantau proses pelatihan, untuk melihat perkembangan dan kemampuan yang didapatkan peserta selama pelatihan.

Mohamad Krisna

Categories:

Karyawan

Tags:

lms

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts