Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi Bagi Manusia

Teknologi saat ini berkembang semakin maju dan pesat. Terutama dalam teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan teknologi memiliki dampak positif dan negatif yang bisa dirasakan manusia.

Seiring zaman, semakin banyak teknologi yang memberi kemudahan dalam kehidupan. Banyak orang yang merasa dimudahkan dalam beraktivitas, karena teknologi. Salah satu contohnya, kemudahan yang diberikan smartphone.

Melalui smartphone, banyak hal bisa dilakukan. Mulai dari belanja, komunikasi melalui pesan digital, dan transaksi keuangan. Kemudahan yang mungkin dua dekade lalu hanya sebuah imajinasi.

Teknologi adalah semua hal yang menjadi sarana dan prasarana untuk memudahkan hidup manusia dan memenuhi kebutuhan hidup. Teknologi biasanya dianggap dalam bentuk barang dengan wujud fisik. Namun, seiring perkembangannya teknologi bisa saja berbentuk barang yang tidak dapat disentuh.

Sebagai contoh, teknologi software atau perangkat lunak saat ini banyak digunakan untuk membantu kegiatan manusia. Seperti software Excel yang sangat berguna untuk keperluan akuntansi dan perhitungan.

Perubahan yang dibawa teknologi tidak hanya memiliki dampak positif, tapi juga negatif. Lalu, seperti apa saja dampak yang dapat manusia rasakan? Dalam artikel ini akan kami bahas selengkapnya.

Manfaat Teknologi Bagi Manusia

Teknologi membantu manusia dalam produktivitas. Terutama saat pandemi yang mengharuskan setiap orang mengurangi mobilitas dan tetap di rumah.

Dengan teknologi, sistem kerja Work from Home dapat dilaksanakan. Penggunaan aplikasi video conference juga memungkinkan siswa sekolah untuk tetap belajar meskipun tidak dapat hadir di kelas. Hal ini hanya contoh kecil saja dari manfaat teknologi bagi kehidupan manusia.

Tidak hanya produktivitas, teknologi juga meningkatkan kenyamanan hidup bagi manusia. Sekarang, setiap orang dapat belanja kebutuhan sehari-hari secara online.

Bentuk kenyamanan lain dari perkembangan teknologi adalah kemudahan layanan transaksi dan bank. Dengan teknologi, membuka rekening di bank juga dapat dilakukan dari rumah. Bahkan, anda sekarang dapat melakukan transaksi pembayaran cukup dari gadget anda masing-masing.

Manfaat lain dari teknologi adalah meningkatkan kompetensi dan wawasan. Teknologi membuka akses bagi semua orang.

Teknologi membantu memberi akses ilmu lebih mudah kepada setiap orang. Banyaknya kursus digital yang tersedia, menjadi bukti hal ini. Teknologi juga tidak hanya digunakan dalam urusan pendidikan dan bisnis saja, namun mencakup banyak bidang.

Seperti misal bidang pemerintahan, kesehatan, hingga transportasi. Berikut ini penjelasan secara detail dampak positif dan negatif teknologi bagi kehidupan manusia.

Dampak Positif Perkembangan Teknologi 

ilustrasi dampak positif teknologi bagi kehidupan manusia

Perkembangan teknologi menjadi hal yang sering kita temui sehari-hari dan mengubah cara hidup kita. Selain dapat mempermudah, teknologi juga membuka akses banyak hal kepada orang-orang.

Teknologi diciptakan agar dapat dimanfaatkan manusia. Oleh karena itu, teknologi pasti memiliki banyak dampak positif untuk keseharian kita. Namun, perkembangan teknologi ibarat dua sisi mata pedang. Selain memberikan kemudahan, juga memberikan dampak negatif yang perlu kita cermati.

Berikut ini dampak positif yang bisa kita rasakan, berdasarkan bidang.

Bidang kesehatan

Dampak teknologi terhadap bidang kesehatan salah satunya kemudahan memperoleh data. Tenaga medis saat ini dapat memperoleh riwayat kesehatan pasien dengan bantuan teknologi.

Atau seperti baru-baru ini, pemerintah meluncurkan aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi ini sebagai salah satu strategi untuk menangani pandemi. Aplikasi ini dapat membantu kita melacak apakah kita pernah kontak langsung dengan orang yang terinfeksi COVID-19.

Bidang pendidikan

Teknologi berperan cukup besar dalam perkembangan dunia pendidikan. Teknologi juga mengubah sistem pembelajaran konvensional.

Pendidikan yang awalnya cukup konvensional, dengan tatap muka berubah karena teknologi. Sekarang, teknologi mengubah ruang kelas menjadi mobilitas. Artinya, setiap orang bisa mengakses pendidikan kapan pun dan di mana pun.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat distribusi ilmu lebih efisien. Sehingga, ilmu dapat diakses orang dengan biaya yang lebih murah, dan lebih cepat.

Bidang jasa kargo dan pengiriman

Berkat bantuan teknologi, pengiriman barang sekarang dapat kita lacak. Kita dapat mengetahui secara realtime posisi dan lokasi barang yang kita beli atau kirim.

Bahkan, beberapa penyedia jasa pengiriman sekarang juga melengkapi layanan mereka dengan aplikasi online. Anda dapat meminta kurir untuk mengambil barang, lalu mengantarnya hingga ke tempat tujuan. Semua aktivitas tersebut dapat anda lacak melalui smartphone anda.

Bidang transportasi

Saat ini teknologi juga memungkinkan fitur auto driver. Fitur tersebut memungkinkan kendaraan melaju dan dikendalikan oleh komputer dengan sendirinya. Fitur ini terkenal dan sedang dikembangkan oleh perusahaan mobil listrik yaitu Tesla.

Bidang bisnis

Dunia bisnis pasti bidang yang mengalami dampak yang cukup signifikan. Teknologi memungkinkan dua orang atau lebih untuk terlibat dalam transaksi bisnis secara online. Teknologi internet telah mengubah bagaimana orang melakukan bisnis.

Baca Juga: Peran Teknologi Dalam Menarik Minat Pelanggan

Bidang layanan perbankan

Mungkin perkembangan teknologi yang kita rasakan saat ini adalah internet banking. Jangan salah, dunia perbankan juga mengalami transformasi digital yang sangat signifikan. Terbukti dengan kehadiran digital banking.

Digital banking memungkinkan anda mendapatkan fasilitas layanan perbankan, mulai dari membuat rekening, setor tunai, pengajuan kredit, semua secara online menggunakan smartphone.

Bahkan, di Indonesia saat ini banyak bank konvensional yang sudah besar, menghadirkan digital banking sebagai salah satu layanan terbaru mereka.

Dampak Negatif Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi dapat memberi kemudahan kepada manusia. Namun, teknologi juga dapat memberikan dampak negatif yang dapat merugikan.

Berikut dampak negatif teknologi yang patut kita waspadai.

Pelanggaran hak cipta

Kemudahan teknologi untuk diakses semua orang dapat menjadi celah oknum-oknum tertentu. Terutama dalam bidang yang berkaitan dengan pelanggaran hak cipta.

Perkembangan teknologi yang bisa diakses siapa saja, rentan aktivitas pembajakan, penggandaan tanpa izin, hingga pemakaian dengan tujuan komersial tanpa izin orang yang memiliki hak cipta. Dampak negatif ini sangat merugikan produsen dan tentunya orang yang membuat karya tersebut.

Cyber crime

Belakangan muncul istilah baru yaitu kejahatan dunia maya. Kejahatan ini terjadi secara digital dan meliputi pencurian kartu kredit, pembajakan identitas, hingga kasus penipuan online.

Selain itu, kejahatan ini juga sering terjadi di Indonesia. Seperti kasus yang belakangan marak pembobolan dan pencurian data pribadi penduduk Indonesia.

Malware

Malware merupakan istilah untuk program atau aplikasi komputer yang diciptakan untuk membobol atau merusak sistem. Malware biasanya juga menjadi bagian cyber crime. Hal ini dikarenakan, malware diciptakan atas tujuan jahat seseorang.

Malware dapat berupa virus komputer, spyware dan program-program jahat lainnya.

Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa teknologi memiliki dampak positif yang cukup besar dalam kehidupan manusia. Teknologi dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi kita.

Namun, teknologi juga memiliki dampak negatif jika tidak digunakan secara bijak dan kita cermati. Bukan tidak mungkin, dampak negatif tersebut berujung kerugian bagi diri kita sendiri. Perkembangan teknologi juga membuat privasi semakin rawan untuk dibobol atau dicuri orang tidak bertanggung jawab.

Maka dari itu, manfaatkan teknologi secara bijak dan berhati-hati. Agar anda tidak menjadi korban dampak negatif tersebut.

Mohamad Krisna

Categories:

Karyawan

Tags:

Teknologi

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts