CRM Marketing dan Sales: Betapa Pentingnya Menyelaraskan Sales dan Marketing Menggunakan CRM

Tim Sales dan Marketing adalah dua divisi yang hampir selalu ada di setiap perusahaan. Sering kali dua divisi ini beroperasi terpisah, padahal idealnya mereka berdua harus saling melengkapi. Seiring berjalannya waktu, banyak pemimpin perusahaan ingin menyatukan kedua divisi ini. Faktanya, Anda akan mendapatkan lima manfaat besar dengan menyelaraskan Sales dan Marketing. Sebagai tambahan, untuk mempermudah proses menyelaraskan kedua tim tersebut dibutuhkan sebuah alat CRM Marketing dan Sales. 

Lima Manfaat Utama dari Selarasnya Setup Sales dan Marketing

Dekati dan identifikasi pelanggan ideal dengan lebih tepat

crm marketing

Tim marketing umumnya bertanggung jawab untuk menciptakan persona pembeli. Hal ini dilakukan berdasarkan data dari website, media sosial, sesi diskusi dengan tim Sales, penelitian, dan insights dari studi kasus atau wawancara klien.

Di sisi lain, tim Sales melakukan percakapan harian dengan prospek dan pelanggan. Tim Sales memahami pain point dan tantangan apa yang dihadapi klien, apa pendapat mereka tentang harga, dan transaksi mana yang dapat diselesaikan. Tim Marketing kemudian dapat mengidentifikasi apa yang dibaca prospek atau pembeli berdasarkan situs web yang dikunjungi, minat mereka, rencana berlangganan yang sesuai, dan banyak lagi.

Semua proses tersebut membantu mereka mengklasifikasikan target pelanggan yang ideal untuk perusahaan. Dengan menggabungkan insights ini, tim Sales dan Marketing dapat lebih memahami pelanggan ideal serta menciptakan persona yang sesuai.

Tingkatkan kualifikasi prospek

crm marketing

Sistem Sales dan Marketing yang selaras memungkinkan semua informasi pelanggan dan prospek dapat diakses dari satu tempat, nurture prospek dari tim marketing, mengidentifikasi prospek sales-ready, dan banyak lagi. Akibatnya, prospek menjadi lebih berkualitas dan Anda akan mendapatkan peluang konversi yang lebih tinggi.

‘Instant connect’ dengan prospek

crm marketing

Salah satu atribut yang mempengaruhi konversi prospek adalah mempercepat waktu respons. Semakin cepat Anda menanggapi pertanyaan prospek, semakin tinggi peluang Anda untuk mengkonversinya. Dengan kerja sama, tim Marketing dapat mengirim lebih banyak prospek yang ‘marketing-qualified’ ke tim Sales.

Fokus pada satu tujuan

crm marketing

Memandu tim Sales dan Marketing agar menuju ke tujuan yang sama adalah hal penting. Di satu sisi, tim Marketing mencari sumber prospek baru serta meluncurkan campaigns untuk meningkatkan awareness dan membangkitkan minat pada produk.

Di sisi lain, tim Sales dengan hati-hati merencanakan dan menerapkan proses untuk mengubah prospek menjadi pelanggan. Jika kedua tim bekerja untuk tujuan yang sama, mereka dapat lebih memahami target dan proses masing-masing.

Memberikan kecerdasan kompetitif

crm marketing

Tim Marketing biasanya membutuhkan banyak waktu untuk meneliti apa yang dilakukan kompetitor, jenis konten apa yang mereka miliki di website mereka, strategi penetapan harga mereka, dan sebagainya. Semua hal ini kemudian dievaluasi dengan suatu strategi. Hal ini membantu tim Sales menjelaskan kepada prospek mengapa produk Anda lebih baik daripada produk kompetitor.

 

Marketing Automation dan Sales Automation

Tidak hanya manfaat di atas saja, Anda sebaiknya juga memperhatikan unsur automation atau otomatisasi dalam proses kerja tim Sales dan Marketing. 

Apa itu Marketing Automation?

Marketing automation melibatkan penggunaan software on-premise atau web-based untuk mengotomatisasikan aktivitas dan proses Marketing dengan tujuan performance-oriented. Marketing automation semacam ini lumrah dijumpai pada alat CRM Marketing

Ada tiga kemampuan umum yang sebaiknya dimiliki oleh Marketing automation tool:

  • Ambil keputusan yang lebih pasti dengan actionable insights – Kemampuan untuk melacak perilaku online pengunjung website.
  • Terus maju dengan business development insights – Penggunaan email dan pemasaran media sosial, pengoptimalan mesin telusur
  • Workflow automation – Otomatisasi lengkap operasi Marketing di dalam perusahaan

Apa itu Sales Automation?

Kemampuan Sales automation biasanya sering ditemui pada alat CRM Sales. Alat ini membantu attract, melacak, nurture, dan ‘close’ prospek. Tool ini biasanya dilengkapi dengan kemampuan otomatisasi kuat yang membantu melakukan tugas dengan sedikit campur tangan manusia.

Ada lima kemampuan umum yang sebaiknya dimiliki oleh Sales automation tool:

  • Pencatatan data otomatis – Aktivitas seperti pencatatan email dan panggilan telepon dilakukan secara otomatis dan tersedia untuk dilihat oleh Sales manager untuk referensi mereka.
  • Pengambilan data yang pasti – Prospek Anda dapat diproses CRM Tool melalui berbagai cara, seperti: kunjungan ke situs web Anda, menanggapi email maupun chat, atau mendaftar untuk demo produk Anda.
  • Komunikasi tanpa terputus – Sales sequences dan email diotomatiskan dan dapat dikirim pada interval yang telah ditentukan.
  • Manajemen prospek yang mudah – Sales manager dapat secara otomatis menetapkan prospek berdasarkan wilayah atau aturan khusus, mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk melakukannya satu per satu.
  • Artificial Intelligence dengan deep-level insights – Sales automation software memberikan actionable insights seperti kesepakatan ‘ready-to-close’, mendeteksi jika kontak Anda sedang berada di luar kantor, peluang closing deal, dan banyak lagi. Hal ini membuat sales representative memiliki panduan tambahan dalam mengambil kesepakatan dan memastikan bahwa tugas dapat terselesaikan.

Sekali lagi, salah satu cara terbaik untuk membuat tim Sales dan Marketing Anda sepenuhnya selaras adalah menggunakan sistem CRM yang minimal dilengkapi dengan fungsi berikut ini.

Untuk informasi, Customer Relationship Management adalah solusi terpadu untuk menyelaraskan tim Sales dan tim Marketing. Dengan CRM Marketing dan Sales, Anda minimal dapat melakukan proses marketing automation dan sales automation seperti;  attract, engage, nurture, dan closing transaksi dan lainnya dalam satu solusi yang praktis.

Kemampuan yang Sebaiknya Ada di CRM Marketing dan Sales 

Attract

crm marketing

Dapatkan gambaran lengkap tentang prospek Sales dan Marketing Anda

Lihat percakapan melalui telepon, email, dan chat dengan prospek Anda, pelajari lebih lanjut tentang apa yang mereka cari dari situs web Anda, seberapa responsif mereka terhadap email, dan banyak lagi. Dan bagian terbaiknya adalah semua informasi ini disimpan di satu tempat agar dapat diakses dengan mudah oleh tim Sales dan Marketing.

Hasilnya, semua tim memiliki akses ke informasi yang sama tentang pelanggan, yang membantu mereka memberikan pengalaman yang lebih dipersonalisasi sepanjang perjalanan proses transaksi pembeli.

Pikat prospek dengan chatbot bertenaga AI

Dengan CRM Tool, Anda memiliki pilihan untuk mendesain formulir web dari awal dan menerapkannya di situs web Anda atau memanfaatkan yang sudah ada untuk mendapatkan prospek. Setelah prospek memasuki sistem Anda, detail mereka secara otomatis akan terisi berdasarkan penggunaan situs web dan informasi media sosial.

Anda juga dapat memicu pesan melalui chatbot yang didukung AI untuk mengirimkan informasi kontekstual kepada prospek Anda seperti tautan yang relevan, informasi webinar, diskon, trial extension, dan banyak lagi.

Engage

Engage dalam konteks dengan prospek Anda

Gunakan 360-degree customer view untuk mengirim email yang lebih kontekstual kepada prospek Anda, melakukan percakapan yang relevan dengan mereka di telepon, atau membantu mereka dengan informasi yang berguna melalui chatbots.

Hal ini membantu mendorong mereka ke arah yang benar ketika mereka harus membuat keputusan. Anda juga mendapatkan sistem AI yang bisa mengidentifikasi prospek yang paling mungkin dikonversi serta memberi Anda actionable insights tentang keputusan terbaik berikutnya yang harus diambil.

Ponsel yang terintegrasi dengan fitur-fitur canggih

Lakukan panggilan dan catat panggilan tersebut, semuanya harus bisa dilakukan di CRM Tool. Penyedia CRM memungkinkan Anda untuk membeli nomor dari berbagai negara untuk memperkuat pengalaman dengan pelanggan lokal, memantau percakapan tim Anda, mentransfer panggilan dengan cepat ke agen lain tanpa kehilangan konteks, dan banyak lagi.

Dengan menggunakan rekaman dan informasi durasi panggilan tim Anda, Anda juga dapat menganalisis dan mengoptimalkan panggilan di masa mendatang untuk membantu agen menjadi lebih efisien.

Jalankan segmented campaigns

Bagi pelanggan Anda berdasarkan demografi, geografi, perilaku, ukuran bisnis, atau plan value dan jalankan campaign khusus berdasarkan parameter ini. Anda juga dapat menggunakan segmen berbasis waktu untuk mengirim email pada waktu yang tepat dan menggunakan filter lanjutan untuk menargetkan grup pelanggan tertentu.

Nurture

Kirim sales sequences dan jalankan marketing campaigns

Kembangkan prospek dan kontak Anda berdasarkan tahap perjalanan transaksi mereka. Anda dapat menjadwalkan email otomatis pada acara-acara seperti ulang tahun atau hari jadi untuk menunjukkan kepada prospek dan pelanggan bahwa Anda peduli dengan mereka.

Anda juga dapat menjalankan targeted campaigns atau mengirimkan notifikasi in-app terkait acara dan fitur yang akan datang, webinar, atau bahkan menjalankan survei untuk memahami seberapa puas mereka dengan produk Anda.

Close the deal

Manfaatkan analitik yang kuat dan optimalkan proses Sales Anda

Analisis dan prediksi jumlah tim Sales atau Marketing Anda dengan advanced analytics. Anda juga dapat mempelajari lebih dalam tentang wilayah Salesperson, wilayah penjualan, tim, atau melihat Marketing Campaigns mana yang berkontribusi pada ROI tertinggi, membandingkannya dengan kampanye yang tidak berkinerja baik, kemudian mengoptimalkannya lebih lanjut untuk kinerja yang lebih baik.

author
Alfan Alif

Share on:

Categories:

Checklist Freshsales