Freshworks CRM vs Hubspot CRM: Perbandingan Dua CRM Software Berusia Muda

Perbandingan antara provider CRM berkualitas akan berlanjut dalam artikel kali ini. Informasi perbandingan Freshworks CRM vs Hubspot CRM akan Anda dapatkan disini. Ingat, artikel singkat ini hanya membahas perbandingan saja, keputusan final tetap berada di tangan Anda.

Penggunaan Customer Relationship Management software sebaiknya segera Anda pikirkan karena salah satu manfaat terbesarnya adalah membantu menyelaraskan tim Sales dan tim Marketing. Menurut Harvard Business Review, jika tim Sales dan tim Marketing tidak bisa berjalan secara selaras maka efeknya akan terasa di hampir seluruh sendi perusahaan. Tentu, masih ada lagi manfaat dari sebuah CRM software seperti Sales automation, Marketing automation, dan beberapa lainnya.

6 Poin Perbandingan Freshworks CRM vs Hubspot CRM

1.) Penawaran Paket

freshworks crm vs hubspot

Poin pertama ini mungkin menjadi salah satu poin paling penting. Berdasarkan tautan ini, Hubspot tidak menuliskan software CRM dengan gabungan sektor Sales dan Marketing. Hubspot memisahkan mereka berdua menjadi Sales Hub dan Marketing Hub. Masing-masing memiliki pricing plan tersendiri, mulai dari plan Starter sampai Enterprise. Di sisi lain, Freshworks memiliki software CRM yang sudah menggabungkan sektor Sales dan Marketing. Paket Customer for Life merupakan all-in-one CRM yang sudah menggabungkan sektor Sales dan Marketing. 

Di poin pertama perbandingan Freshworks CRM vs Hubspot CRM ini, Anda harus benar-benar memikirkan mana kebutuhan yang sesuai dengan perusahaan Anda. Apakah butuh yang khusus Sales atau Marketing, atau mungkin yang sudah all-in-one.

2.) Perbandingan Harga

freshworks crm vs hubspot

Hubspot Sales Hub memulai pricing plan Starter di angka USD 45 (per agent per month billed annually) sampai paket Enterprise di angka USD 1200 (per agent per month). Hubspot Marketing Hub memulai pricing plan Starter di angka USD 45 (per agent per month billed annually) sampai paket Enterprise di angka 3200 (per agent per month).

Freshworks CRM paket Customer for Life memulai tarif layanan paling murah nya di angka USD 29 (per agent per month billed annually) sampai yang termahal sebesar USD 125 (per agent per month billed annually).

3.) Perbandingan Trial

freshworks crm vs hubspot

Hubspot menyediakan Trial atau Demo selama 30 hari untuk mencoba paket berbayarnya. Namun, Hubspot menyediakan plan Free juga. Paket Free ini tidak mempunyai limit hari, yang ada hanya limit fitur dan limit contacts. Paket Free ini sangat membantu bagi Anda yang masih awam di dunia CRM. Sebagai informasi, Hubspot meluncurkan paket Free ini di tahun 2014 dan berhasil membuat pemain lama CRM, seperti SalesForce, merasa terusik dominasinya.

Freshworks CRM sayangnya hanya menyediakan Trial atau Demo untuk paket berbayarnya. Sebagai informasi, Trial Freshworks CRM hanya mencapai 21 Hari dan tidak memiliki paket Free seperti Hubspot sama sekali.

4.) Perbandingan Fitur Telepon

Hubspot dan Freshworks sama-sama memiliki fitur layanan VoIP (Voice over Internet Protocol). Namun, ada beberapa perbedaan. Frehworks CRM memiliki tambahan benefits seperti memungkinkan pengguna untuk menggunakan membeli dan menggunakan nomor telepon lokal dan kemampuan voicemail recording. Menggunakan nomor telepon lokal kemungkinan besar akan menambah tingkat personalisasi layanan kepada customers sedangkan voicemail akan mempermudah Sales Rep untuk menjawab pertanyaan customers yang sering muncul. Untuk merasakan benefits tambahan seperti ini, sayangnya, Anda harus membeli Add-on layanan FreshCaller. 

Di sisi lain, Hubspot CRM belum menyediakan benefits seperti itu, namun dengan plan Free, Anda sudah bisa merasakan layanan basic VoIP Hubspot CRM.

5.) Fitur Territory Management

Seperti poin sebelumnya, Freshworks CRM mampu menggunakan nomor telepon lokal sehingga tingkat personalisasi layanan terhadap customer tinggi. Hal ini juga didukung dengan support bahasa lebih banyak daripada Hubspot. Dengan begitu, Freshworks CRM mampu menyediakan fitur Territory Management. Fitur ini akan memudahkan agent dalam mengelompokkan customers berdasarkan letak geografis, kode pos, tipe bisnis dan beberapa filter lainnya. Pengelompokkan tersebut, salah satunya, mempunyai tujuan agar agent dapat lebih mudah memberikan layanan yang lebih personal sehingga dapat meningkatkan potential sales. 

Di sisi lain, Hubspot CRM belum mempunyai kemampuan ini.

6.) Perbandingan Jumlah Integrasi Third-party Apps

Singkat saja, Hubspot memiliki lebih banyak third-party apps yang bisa diintegrasikan. Contohnya seperti: Microsoft Outlook dan Linkedin, kedua apps tersebut tidak ada di Freshworks CRM.

Dengan kata lain, Freshworks CRM masih kalah jumlah dalam kategori jumlah integrasi third-party apps nya.

Sekian artikel singkat tentang Freshworks CRM vs Hubspot CRM. Apapun pilihan Anda, Anda tetap harus memikirkannya dengan matang. Anda tidak akan salah memilih satu dari kedua layanan tersebut karena mereka berdua adalah CRM yang berkualitas. Jika Anda masih memiliki pertanyaan silakan klik banner di bawah ini untuk berdiskusi dengan tim terpercaya kami. Terima kasih dan semoga bermanfaat. 

author
Alfan Alif

Share on: