Transformasi Digital Perusahaan Kecil Menengah

Mengapa Transformasi Digital Penting untuk Perusahaan Kecil dan Menengah?

Transformasi digital semakin dipahami sebagai masalah kelangsungan hidup bagi perusahaan kecil dan menengah. Sebagian besar berencana untuk melakukan perubahan ke organisasi berbasis teknologi yang mendefinisikan transformasi digital, dan mayoritas mengatakan bahwa penyesuaian ini akan penting untuk daya saing mereka dalam waktu dekat.

Oxford Economics mensurvei lebih dari 3.000 eksekutif di 17 negara tentang kesiapan mereka untuk transformasi digital, termasuk lebih dari 1.300 perusahaan dengan pendapatan di bawah $500 juta. Kami juga menganalisis tanggapan dari perusahaan dengan pendapatan $500 juta hingga $1 miliar untuk lebih memahami bagaimana upaya transformasi digital berubah seiring pertumbuhan perusahaan.

Kami menemukan bahwa lebih dari setengah perusahaan kecil dan menengah melihat transformasi digital sebagai tujuan bisnis utama, dan tujuan ini terlihat akan semakin mendesak: lebih dari 80% menganggap inisiatif seperti itu penting atau sangat penting bagi kelangsungan hidup perusahaan mereka. Dan sementara perusahaan semakin memfokuskan investasi pada teknologi digital, kemajuan secara menyeluruh menuju transformasi digital yang komprehensif masih terbatas.

Transformasi digital adalah masalah eksistensial

P: Seberapa kritis transformasi digital bagi kelangsungan hidup perusahaan Anda? Respons “Penting” dan “Sangat penting”

kritis transformasi

Penelitian kami mencakup beberapa aspek transformasi. Bagaimana perusahaan kecil dan menengah melakukan transformasi digital? Tantangan apa yang mereka hadapi? Bagaimana upaya mereka agar membuahkan hasil? Berikut ini beberapa temuan utama:

  • Teknologi itu essential. Para eksekutif dari perusahaan kecil dan menengah mengharapkan perubahan teknologi dan laju perubahan yang meningkat itu akan berdampak besar pada organisasi mereka selama dua tahun ke depan. Dan hampir tiga perempat mengatakan teknologi penting untuk pertumbuhan, keunggulan kompetitif, dan meningkatkan customer experience.
  • Human capital itu penting. Manajemen yang efektif dipandang sebagai faktor terpenting dalam keberhasilan transformasi digital bagi perusahaan kecil dan menengah. Memastikan tenaga kerja dilengkapi dengan keterampilan terkini adalah komponen inti dalam keberhasilan inisiatif ini.
  • Transformasi mendorong performa. Perusahaan kecil dan menengah mengharapkan digitalisasi untuk meningkatkan kinerja bisnis di berbagai fungsi, dan untuk membantu organisasi mereka memenuhi critical goalsnya, termasuk melakukan kegiatan operasional bisnis yang lebih efisien dan kinerja keuangan yang lebih kuat.

Perusahaan kecil dan menengah yang dikelola dengan baik memiliki beberapa karakteristik khusus layaknya sebuah digital enterprises sesungguhnya — yaitu perusahaan yang menggunakan teknologi secara ‘radikal’ untuk meningkatkan performa perusahaan — termasuk keterlibatan karyawan, pemangkasan birokrasi, peluang untuk berkolaborasi, hubungan yang kuat antara pemimpin dan karyawan, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat. Tetapi perusahaan kecil dan menengah juga menghadapi tantangan uniknya. Dengan sumber daya yang lebih sedikit daripada perusahaan besar, mereka harus benar-benar tepat dalam, merencanakan strategi, pengambilan keputusan dan investasi. Hal tersebut bertujuan untuk membuat transformasi mereka menjadi kenyataan.

Mengapa Transformasi merupakan hal yang sangat penting?

Teknologi mengubah cara perusahaan kecil dan menengah melakukan bisnis, dan itu terjadi dengan cepat. Alat baru, cara baru menggunakan teknologi, dan kecepatan terjadinya perubahan adalah masalah utama yang dihadapi perusahaan-perusahaan ini dalam dua tahun ke depan. Peningkatan kecepatan ke pasar disebut sebagai pendorong pendapatan teratas selama dua tahun berikutnya oleh responden survei (44%), dan tanggapannya bahkan lebih tinggi di antara perusahaan kecil dengan pendapatan antara $ 100 juta dan $ 500 juta.

Sebagian besar perusahaan kecil dan menengah baru saja memulai transformasi. Hampir seperempatnya masih dalam tahap perencanaan, dan sementara 58% sedang merintis inisiatif hari ini, hanya di bawah 20% telah menyelesaikan proyek transformasi digital di setidaknya beberapa area bisnis. Tetapi sebagian besar sudah melihat teknologi terbaru sebagai hal yang penting untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Lebih dari 80% mengatakan itu agak atau secara signifikan menguntungkan bagi bisnis mereka; 69% mengatakan itu penting atau sangat penting untuk mempertahankan keunggulan kompetitif; dan 74% mengatakan teknologi penting untuk pertumbuhan.

Mengikuti perubahan teknologi adalah keharusan bisnis

P: Tren global mana yang Anda harapkan memiliki dampak terbesar pada organisasi Anda selama dua tahun ke depan (2017/2018)? Lima tanggapan teratas

dampak bisnis

Berinvestasi untuk masa depan

Perusahaan kecil dan menengah meningkatkan investasi di berbagai alat digital, dengan fokus pada building blocks (misalnya, cloud dan mobile) yang akan mendukung gelombang teknologi baru berikutnya. Mereka juga berinvestasi dalam Big Data dan analitik (57%) dan Internet of Thing (52%). Dalam dua tahun ke depan, mereka berencana untuk meningkatkan fokus mereka pada Big Data (79%) sambil tetap berinvestasi besar-besaran di cloud dan mobile.

Untuk saat ini, perusahaan-perusahaan ini tidak terlalu fokus pada teknologi baru seperti machine learning / AI dan robotics. Tetapi tingkat investasi diperkirakan akan meningkat dalam dua tahun ke depan seiring dengan kemajuan teknologi dan kemampuan organisasi. Jumlah responden yang mengatakan mereka akan berinvestasi dalam kumpulan alat teknologi ini melonjak menjadi 18% untuk machine learning / AI dan 9% untuk robotics dalam waktu dua tahun, naik dari 5% saat ini. (Secara umum, perusahaan kecil dan menengah dengan kinerja keuangan yang lebih kuat lebih cenderung berinvestasi dalam berbagai teknologi daripada perusahaan kecil dan menengah lainnya.)

Penekanan yang tumbuh pada teknologi canggih ini dapat dilihat dari persentase total anggaran yang didedikasikan untuk transformasi digital. Saat ini, sebagian besar (84%) responden perusahaan kecil dan menengah membelanjakan kurang dari 9% dari total anggaran mereka untuk transformasi; jumlah ini akan bertambah dalam dua tahun ke depan, dengan perencanaan, hampir seperempatnya mengalokasikan antara 10% dan 20% dari total anggaran mereka untuk transformasi digital pada waktu itu.

Namun, pendanaan untuk transformasi digital tetap menjadi tantangan yang melekat bagi perusahaan kecil dan menengah. Lebih dari sepertiganya mengatakan bahwa kurangnya anggaran adalah tiga tantangan teratas untuk inisiatif transformasi digital mereka — angka yang meningkat menjadi 46% untuk perusahaan terkecil yang disurvei, sementara hanya 13% perusahaan dengan pendapatan lebih dari $ 1 miliar yang menyebut ini sebagai perhatian. Penelitian kami sebelumnya menunjukkan bahwa perusahaan kecil lebih mahir dalam menggunakan teknologi daripada yang diasumsikan secara umum. Namun seiring meningkatnya pangsa pelanggan dan pendapatan yang didorong oleh produk dan layanan digital, perusahaan kecil dan menengah harus terus mengevaluasi kembali anggaran teknologi dan jenis alat yang mereka investasikan.

Investasi teknologi difokuskan pada building blocks

P: Teknologi apa yang paling banyak Anda investasikan saat ini? Responden dapat memilih semua yang sesuai.

investasi teknologi

Transformasi bertenaga manusia

Teknologi saja tidak membuat sebuah perusahaan menjadi digital enterprise. Mempekerjakan serta mempertahankan talenta terbaik sangat penting untuk upaya transformasi digital, dan perusahaan kecil dan menengah harus mengembangkan keahlian yang kuat dan kemampuan kepemimpinan untuk bersaing secara efektif satu sama lain, plus bersaing dengan rekan-rekan mereka yang lebih besar. Meningkatkan employee engagement, kualitas perekrutan talenta, dan investasi dalam keterampilan digital disebut sebagai pendorong utama pertumbuhan pendapatan, mendahului hal seperti strategi memasuki pasar baru, manajemen risiko, dan M&A.

Kekurangan keterampilan menghadirkan hambatan utama bagi transformasi digital di perusahaan-perusahaan ini. Bagaimana perusahaan kecil dan menengah menangani tantangan pencarian talent ini? Dua pertiga mengatakan investasi teknologi mereka akan mempengaruhi pelatihan kembali sumber daya manajemen yang ada, dan dua pertiga mengatakan bahwa pelatihan kembali sumber daya tenaga kerja umum yang ada akan mendapatkan keuntungan dari investasi teknologi. Banyak yang harus mengubah strategi mereka di tahun-tahun mendatang — mungkin dengan membangun kantor di lokasi yang menarik bagi talenta terbaik atau dengan memungkinkan pengaturan kerja yang lebih fleksibel — agar tetap kompetitif.

Kepemimpinan adalah elemen penting dalam menciptakan perusahaan digital. Perusahaan kecil dan menengah menyebut manajemen yang efektif sebagai faktor terpenting dalam keberhasilan inisiatif transformasi mereka, dengan 57% memilihnya sebagai respons tiga besar. Manajemen juga perlu bekerja sama dengan karyawan; sekitar tiga perempat responden mengatakan bahwa hubungan yang kuat antara karyawan dan kepemimpinan memberi mereka keunggulan kompetitif.

Para pemimpin ini tidak akan bisa berhasil jika melakukan hal-hal lama yang sama. Perusahaan kecil dan menengah harus merombak struktur organisasi dan peran eksekutif mereka untuk memenuhi tuntutan perubahan. Saat ini, 60% perusahaan kecil dan menengah melaporkan bahwa fungsi IT memiliki tanggung jawab utama untuk setiap tahap proyek transformasi digital, sementara hampir 10% mengatakan bahwa mereka memiliki grup yang dibuat khusus untuk inisiatif ini — yang dianggap sebagai pendekatan terbaik.

Kepemimpinan untuk transformasi juga melibatkan pandangan ke depan atau foresight. Salah satu ukuran kekurangan sebuah organisasi dapat dilihat dari kurangnya perencanaan — atau adanya perencanaan yang tidak efektif — yang merupakan tantangan umum bagi perusahaan kecil dan menengah. Lebih dari 40% menyebutkan perencanaan sebagai hambatan, sedangkan peringkat di bawahnya yaitu tuntutan untuk keterampilan tenaga kerja dan kurangnya teknologi yang matang.

Kepemimpinan harus mengembangkan strategi sumber daya manusia untuk era digital

P: Berpikir tentang teknologi yang Anda investasikan, sejauh mana Anda mengharapkannya mempengaruhi sumber daya manusia dan strategi HR Anda? Respons “Peningkatan minimal” dan “Peningkatan substansial” digabungkan

mengembangkan strategi sumber daya manusia

Jalan ke depan

Transformasi digital menjanjikan perubahan lanskap kompetitif bagi perusahaan kecil dan menengah, memungkinkan mereka memasuki pasar baru dan menantang perusahaan besar dengan lebih efektif. Beberapa sudah melihat nilai dari investasi dan upaya mereka, termasuk pengembangan produk dan layanan baru, efektivitas berbagai bagian bisnis, dan kinerja bisnis secara keseluruhan. Mereka melaporkan keberhasilan yang terukur dalam hal kemampuan mereka untuk menarik dan mempertahankan talent (53% mengatakan ini benar), bersaing dengan perusahaan besar (57%), dan meningkatkan profitabilitas mereka (53%).

Tapi hal ini masih sangat awal. Secara umum, perusahaan yang lebih kecil melaporkan lebih sedikit perubahan dari digitalisasi di berbagai area dibandingkan dengan perusahaan besar, meskipun sebagian besar perusahaan besar belum melihat nilai yang signifikan. Sales dan marketing adalah fungsi yang paling terpengaruh oleh digitalisasi sejauh ini, dengan 57% perusahaan kecil dan menengah melaporkan perubahan substansial atau transformatif.

Dua tahun ke depan akan terlihat pertumbuhan yang cepat. Transformasi digital akan mendorong akuisisi pelanggan dan pengembangan produk serta layanan baru. Sementara hanya 6% mengatakan bahwa lebih dari seperlima pelanggan baru mereka datang langsung dari upaya transformasi digital mereka hari ini, 20% mengatakan mereka mengharapkan peningkatan jumlah pelanggan dari upaya digital pada tahun 2019. Kemudian, perusahaan kecil dan menengah mengharapkan seperlima produk dan layanan mereka yang berasal dari transformasi digital melonjak dari 10% hari ini menjadi lebih dari 30% pada tahun 2019.

Perubahan besar ada di depan di seluruh organisasi

P: Sejauh mana digitalisasi telah mengubah area berikut di organisasi Anda?

Respons “secara substansial” dan “Ini telah transformatif” digabungkan.

P: Sejauh mana Anda mengharapkan digitalisasi mengubah area organisasi Anda berikut ini dalam dua tahun ke depan?

Respons “secara substansial” dan “Ini telah transformatif” digabungkan

perubahan perusahaan

Digitalisasi telah memberikan keunggulan kompetitif bagi beberapa perusahaan kecil dan menengah

P: Sejauh mana Anda setuju dengan pernyataan berikut tentang dampak upaya transformasi digital Anda?

Tanggapan “Setuju” dan “Sangat setuju” digabungkan

digitalisasi perusahaan kecil dan menengah

Dalam banyak hal, perusahaan keuangan papan atas — perusahaan kecil dan menengah dengan pertumbuhan pendapatan dan margin laba lebih dari 10% selama dua tahun terakhir — saat ini berada pada level yang sama dengan yang lain. Misalnya, mereka memiliki pendapat sama seperti orang lain yang mengatakan bahwa digitalisasi telah mempengaruhi bisnis mereka. Tetapi perusahaan top performers ini memiliki pandangan yang lebih bagus tentang masa depan, mengharapkan digitalisasi untuk mengubah berbagai fungsi selama dua tahun ke depan, terutama di bidang seperti sales dan marketing (75% dari perusahaan kecil dan menengah berkinerja baik melaporkan perubahan substansial atau transformatif, vs. 56% dari UKM lainnya), strategy dan planning (70% vs. 52%), dan operasional (60% vs. 43%).

Kesimpulan

Perusahaan kecil dan menengah menghadapi banyak tantangan yang sama dengan perusahaan besar, termasuk dalam hal memikirkan kembali operasional, produk dan layanan, serta model bisnis untuk bersaing dalam ekonomi digital.

Dan sementara perusahaan besar banyak mengalami kekurangan sumber daya moneter dan talent, mereka tetap memiliki keunggulan inheren — seperti kemampuan untuk membuat keputusan dengan cepat, mengambil risiko, dan menggerakkan organisasi — yang memungkinkan mereka bersaing secara efektif dalam lingkungan ini. Bagaimana perusahaan kecil dan menengah memanfaatkan teknologi dan digitalisasi untuk memanfaatkan kekuatan mereka?

Bangun fondasi teknologi kuat yang memungkinkan peningkatan berkelanjutan pada operasional, proses, serta pengembangan produk dan layanan.

Kembangkan rencana strategis untuk pengembangan tenaga kerja, termasuk rekrutmen, reskilling, dan retensi. Suatu bisnis mungkin perlu memikirkan kembali lokasi mereka atau memungkinkan pekerjaan yang lebih fleksibel untuk memastikan akses ke talent terbaik.

Berpikir jauh melewati IT. Transformasi yang sukses di seputar teknologi digital membutuhkan unit bisnis untuk bekerja sama dengan IT dalam implementasi dan inovasi. Satuan tugas khusus dalam perusahaan yang didedikasikan untuk transformasi dapat membantu memfasilitasi perubahan ini.

Jadi, sudah siapkah bisnis kecil dan menengah Anda untuk bertransformasi ke Digital?

Master Admin

Tags:

Explore

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts