Custom Modules Freshsales

Mengenal Custom Modules dan Cara Menambahkannya di Freshsales

Dewi memiliki bisnis di bidang pendidikan, untuk mendukung performa bisnisnya dia menggunakan Freshsales, sebuah aplikasi CRM berbasis cloud. Selama ini dalam software tersebut hanya tersedia default module seperti: leads, contacts, accounts, dan deals. Sementara itu dia ingin menambahkan “kursus” sebagai modul baru untuk menyimpan beragam jenis kursus yang bisa ditawarkan kepada pelanggannya. Sebagai developer, Freshworks memahami hal ini dan memberi opsi custom modules di dalam Freshsales.

Analogi di atas menunjukkan bahwa setiap pengusaha tentunya ingin memiliki modul khusus yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Hal ini seharusnya menjadi pertimbangan utama bagi penyedia software atau aplikasi berbasis cloud untuk menambahkan fitur custom modules dalam produk mereka.

Adanya kustomisasi ini tentu akan mempermudah setiap perusahaan dalam mengembangkan bisnis sesuai dengan metode pemasaran yang ingin mereka terapkan.

Seperti yang terdapat pada Freshsales, jika selama ini Dewi hanya mendapati empat modul inti ‒ leads, contacts, accounts, dan deals ‒ dalam membantu tugas Customer Relationship Management (CRM), maka kini Dia dapat menambahkan modul yang relevan untuk mendukung bisnisnya.

Membuat modul tambahan (custom module) adalah solusi terbaik bagi masing-masing bisnis. Hal ini akan menyesuaikan setiap aplikasi atau software untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan.

Beberapa pakar mengatakan, kustomisasi tentunya akan membuat nilai saing yang lebih tinggi bagi sebuah software. Adanya ini juga akan menambah nilai produk Anda di mata pelanggan, karena kostumisasi akan mudah disesuaikan dengan kebutuhan perorangan serta perusahaan.

Dalam mengatasi tantangan ini, Freshworks menyediakan solusi custom modules pada produk Freshsales agar dapat disesuaikan dengan keunikan metode penjualan yang menjadi ciri khas setiap perusahaan.

Apa yang membuat kustomisasi modul begitu penting?

Laju persaingan dan pertumbuhan dunia bisnis dewasa ini semakin ketat. Hal ini menuntut Anda untuk terus bersaing dengan para kompetitor. Mempertajam tim pemasaran yang juga merupakan ujung tombak perusahaan adalah solusi terbaik yang bisa Anda lakukan untuk membawa bisnis menyongsong persaingan global.

Salah satu strategi yang dapat Anda terapkan adalah melakukan personalized marketing (personalisasi pemasaran). Personalisasi ini juga sering diterapkan oleh perusahaan yang menjual jasa asuransi untuk menyusun prospek mereka dalam beberapa kategori. Misalnya, perusahaan asuransi mengkategorikan prospek berdasarkan kepemilikan mobil, usia dan sebagainya.

Kategorisasi tersebut tentunya akan memudahkan mereka dalam menganalisa prospek, contohnya: yang memiliki mobil akan lebih senang menggunakan asuransi mobil, sementara prospek berusia lanjut akan lebih senang menggunakan asuransi kesehatan dan jaminan masa tua.

Asim Ansari, Profesor Marketing dari Universitas Columbia dalam Journal of Marketing Research, E-Customization mengatakan bahwa, personalisasi seperti opsi kustomisasi produk, layanan dan komunikasi dipercaya dapat menarik perhatian pelanggan. Selain itu juga dapat meningkat serta mengunci loyalitas pelanggan terhadap sebuah perusahaan.

Berdasarkan pernyataan di atas, hal ini menunjukkan bahwa personalized marketing adalah bagian dari strategi CRM yang bertumpu pada ciri khas dan kepribadian pelanggan. Hal ini dapat dijadikan tolok ukur interaksi antara produk dengan pelanggan Anda.

Personalisasi atau kustomisasi dapat menjadi sumber keunggulan yang sangat kompetitif bagi sebuah perusahaan, terutama untuk meningkatkan relationship marketing dalam menggapai customer loyalty. Perusahaan tentunya menggunakan ini untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendapatkan retention buyer.

#Cara menambahkan custom modules Freshsales

#1 Tambahkan bidang dan personalisasi yang Anda inginkan

Sebagaimana default modul dalam Freshsales, custom modules juga memiliki 6 field (bidang) yang dapat Anda tambahkan saat akan dikustomisasi.

Di sini Anda dapat menambahkan field yang dapat disesuaikan dengan modul baru Anda, seperti untuk keperluan menyimpan data yang relevan dengan metode pemasaran perusahaan.

#2 Tautkan custom modules yang telah Anda tambahkan dalam Freshsales ke modul default

Di sini Anda dapat menambahkan tautan dari custom modules yang telah Anda buat ke modul lainnya. Contohnya, tautkan deals modules ke custom modules yang telah Anda buat dengan menggunakan bidang yang sesuai (sales owner).

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan lookup fields untuk menampilkan modul pada halaman arahan.

#3 Buat tampilan khusus dengan menggunakan filter

Filter dan Views (tampilan) dapat digunakan untuk mengatur data Anda di dalam Freshsales. Anda juga dapat menggunakan dua hal ini di dalam custom modules Freshsales.

Setelah Anda selesai membuat custom modules, Anda dapat langsung mengakses tampilan filter default yang telah tersedia. Selain itu, Anda juga bisa membuat filter khusus untuk mengelompokkan setiap catatan secara real-time dan menyimpannya sebagai tampilan dengan mudah.

#4 Tetapkan catatan untuk pemilik

Mirip dengan modul default, Anda juga dapat menetapkan catatan dari custom modules Freshsales untuk keperluan tenaga penjual Anda, baik secara individu atau massal.

Anda juga dapat menetapkan pemilik baru pada custom modules melalui catatan landing page atau dari daftar tampilan yang tersedia.

#5 Terapkan bulk action pada custom module Freshsales

Bulk action atau tindakan massal dalam Freshsales berguna untuk membantu Anda dalam melakukan aktivitas yang bersifat repetitif, sehingga Anda bisa lebih fokus pada penjualan.

Atur bulk action Anda, seperti: assign, update, dan delete pada catatan yang tersedia di dalam custom modules tersebut.

#6 Kontrol akses yang terdapat di dalam custom modules

Anda atau tim admin dapat mengkonfigurasi module-level permissions terhadap custom modules yang telah Anda buat.

Lingkup izin dapat dimodifikasi menjadi satu pilihan dari 4 aksi yang tersedia, di antaranya adalah: view, create, edit, atau delete.

Mengkostumisasi modul dalam sebuah aplikasi atau software merupakan pilihan masing-masing perusahaan. Namun, melihat persaingan bisnis yang dewasa ini semakin pesat, tentunya Anda memiliki alternatif khusus atau keunikan tersendiri dalam menjalankan setiap usaha yang Anda miliki.

Tertarik untuk memahami lebih jauh lagi tentang proses custom modules yang tersedia di dalam Freshsales?

Klik langsung tombol di bawah ini.

Sign Up for Free

Simillar post