Integrasi Whatsapp dan Freshchat Mempermudah Pengelolaan Bisnis Anda

Integrasi WhatsApp dan Freshchat Permudah Pengelolaan Bisnis Anda

Adanya integrasi WhatsApp dan Freshchat tentu akan mempermudah Anda dalam mengelola bisnis. Ditambah lagi dengan ragam keleluasaan yang didapat, tentunya bisnis akan memiliki nilai tambah di mata pelanggan.

Berdasarkan data resmi yang diterbitkan harian Kompas pada 2019 lalu, WhatsApp telah memiliki jumlah pengguna di angka 2 miliar lebih secara global. Diprediksi ini akan terus meningkat seiring waktu, karena pertumbuhan yang turut mendukung dunia bisnis.

Melihat peluang ini, sangat sayang jika Anda melewatkan WhatsApp sebagai bagian dari media yang akan mempermudah komunikasi Anda dengan pelanggan.

Keuntungan menggunakan WhatsApp bagi bisnis Anda dan pelanggan?

#Keuntungan WhatsApp bagi bisnis:

#1 Dengan memproyeksikan WhatsApp sebagai pendukung saluran utama, bisnis Anda tentunya dapat menyelesaikan masalah pelanggan secara pribadi. Ini akan meminimalisir hal-hal buruk yang mungkin saja bisa timbul di media sosial, dan akan memengaruhi persepsi publik terhadap bisnis Anda.

#2 API WhatsApp seperti mini helpdesk, karena dapat membantu mengotomatiskan tugas, mengkonsolidasikan support queries, dan juga menghasilkan arahan dengan konsep interface yang lebih sederhana.

#3 Mengirimi pesan dan personalisasi menjadi lebih mudah karena API WhatsApp dapat dihubungkan langsung dengan platform pendukung lainnya.

Keuntungan WhatsApp bagi pelanggan:

#1 Pelanggan Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu mencari opsi dukungan yang tersedia. Dengan WhatsApp mereka dapat menjangkau bisnis secara instan.

#2 Dengan menggunakan WhatsApp pelanggan tentunya dapat berkomunikasi dengan Anda melalui aplikasi yang mereka gunakan sehari-hari.

#3 End-to-end encryption WhatsApp akan memastikan bahwa tidak ada seorang pun selain pelanggan dan customer support yang dapat membaca pesan-pesan dari pelanggan.

Kenapa harus integrasi Whatsapp dengan Freshchat?

Sebagai aplikasi live-chat modern yang dibuat untuk memudahkan percakapan dengan pelanggan, baik untuk pemasaran, penjualan atau customer support. Tentunya Freshchat akan menjadi senjata terbaik bagi bisnis Anda ketika diintegrasikan dengan WhatsApp.

Hal sederhananya seperti ini, WhatsApp adalah aplikasi berbalas pesan yang sangat digandrungi di seluruh dunia. Sementara itu, untuk mengelola beberapa percakapan di WhatsApp tentunya akan dapat menciptakan kerumitan bagi customer support Anda.

Namun hal tersebut akan mudah diatasi jika integrasi WhatsApp dengan Freshchat dilakukan. Karena Freshchat akan memberikan pengalaman berbeda bagi customer support dan pelanggan di saat bersamaan.

Integrasi Whatsapp dan Freshchat Mempermudah Pengelolaan Bisnis Anda

Membuat pelanggan bahagia atas pengalaman berbelanja yang didapatkan adalah tantangan utama sebuah bisnis. Sebagai seorang pengusaha, Anda dituntut untuk melakukan hal tersebut. “Kebahagiaan” adalah produk utama dari sebuah transaksi jual beli, karena ini akan menjalin ikatan emosional berkesinambungan agar bisnis terus berjalan lancar.

Hal baiknya, kini Anda diberi ragam pilihan untuk membahagiakan pelanggan. Mulai dari email, media sosial, panggilan suara dan video, chatbots, live-chat dll.

Philip Kotler, konsultan dan profesor pemasaran Amerika mengatakan bahwa kualitas layanan pelanggan merupakan suatu bentuk evaluasi atau penilaian konsumen terhadap tingkat layanan yang diterima (perceived service) dengan tingkat layanan yang diharapkan (expected service).

Oleh karena itu, pertanyaan baru pun muncul “Bagaimana cara Anda agar terus bisa memperbaharui diri dengan pola kepuasan pelanggan yang senantiasa bertransformasi dari waktu ke waktu?” atau “Apa cara terbaik untuk membuat pelanggan senang dan puas dengan layanan yang Anda berikan?”.

Normalnya, setiap pelanggan pasti memiliki banyak alternatif untuk melakukan bisnis dan transaksi. Ketika mereka merasa tidak puas, tentunya mereka bebas mencari alternatif lain yang bisa memenuhi ekspektasi mereka. Jadi, ini adalah tugas Anda untuk mencari cara agar semuanya berjalan lebih mudah dan kepuasan pelanggan tetap terpenuhi.

Apa saja keuntungan mengintegrasikan Whatsapp dengan Freshchat?

“Ini bukan tentang banyaknya pilihan yang Anda miliki, akan tetapi memiliki pilihan yang tepat dan juga bermanfaat”

Ketika Anda memilih untuk melakukan proses integrasi WhatsApp dengan Freshchat, maka Anda telah menemukan solusi sempurna untuk memulai komunikasi dengan pelanggan dari jarak paling jauh sekalipun.

Tidak ada lagi alasan yang akan mengganggu komunikasi perusahaan Anda dengan pelanggan. Ketika customer support berada di luar atau di manapun, Freshchat akan senantiasa memberikan layanan dan kualitas yang sempurna saat itu juga.

Integrasi WhatsApp + Freshchat akan memberi dukungan pelanggan yang cepat kepada konsumen Anda. Cukup dengan dua jari di layar pintar, customer support Anda dengan mudah dapat menyelesaikan setiap pertanyaan pelanggan secara instan.

Berikut beberapa kemudahan yang akan Anda dapatkan jika integrasi WhatsApp dan Freshchat telah dilakukan:

#1 Anda dapat mengintegrasikan dua atau lebih akun WhatsApp bisnis ke akun Freshchat.

#2 Multiple agent (beberapa agen) dengan mudah akan dapat mengelola akun WhatsApp bisnis Anda. Bagaimana pun itu, keuntungunan ini akan selalu membuat bisnis Anda selalu ada untuk pelanggan Anda.

#3 Integrasi ini akan memudahkan efisiensi fitur seperti IntelliAsign (otomatis assign chat ke group atau masing-masing CS), Priority Inbox (prioritaskan percakapan ex. customer yang sudah menunggu paling lama), Assignment Rules (assign percakapan berdasarkan keyword atau lokasi kota dan negara), dan Canned Responses yang mana akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan percakapan menjadi lebih cepat.

#4 Anda dapat melacak pesan WhatsApp pada dashboard yang tersedia ‒ yang akan memberi wawasan secara nyata mengenai metrik respon dan berapa jumlah percakapan yang telah diselesaikan.

#5 Freshchat memiliki kemampuan dan pengaruh dalam memetakan agen yang tepat menggunakan lokasi, bahasa, dan keyword pelanggan yang digunakan di dalam pesan.

Dengan integrasi yang Anda lakukan pada WhatsApp dan Freshchat, bisnis Anda tentunya akan terbantu dengan segala kemudahannya. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan data. Anda dapat mengirim One Time Passwords (OTPs) secara aman untuk melindungi akun pelanggan dengan sistem end-to-end encryption yang langsung bisa dikirim via WhatsApp melalui integrasi.

Hal lainnya, Anda juga dapat mengkonfigurasikan iklan Facebook sehingga klien dapat diarahkan menuju nomor WhatsApp.

Sebuah cara yang super wow kan?

Baca Juga: Proses Customer Journey dan Perannya di Dunia Digital Marketing

Ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang Freshchat? Segera hubungi dan konsultasikan langsung dengan tim profesional kami pada link di bawah ini.

Sign Up for Free

Simillar post