Tools Sales Hotel

7 Aplikasi Sales Untuk Meningkatkan Penjualan Hotel Anda!

Bagi Anda yang membuka bisnis perhotelan, tidak ada hal yang mengecewakan selain menelusuri lorong-lorong hotel dengan kamar yang kosong. Ketiadaan pengunjung adalah kenyataan yang tidak pernah diinginkan. Memastikan hotel dipenuhi pengunjung adalah tantangan terbesar yang membuat kita rela terbangun di malam hari untuk memikirkannya. Untuk mampu mengatasi hal tersebut, Anda harus memiliki aplikasi sales yang tepat, agar penjualan hotel meningkat.

Pahami hal-hal berikut untuk mengetahuinya lebih lanjut:

1. Tantangan yang dihadapi dan mengapa Anda butuh aplikasi sales hotel yang tepat?

Hasil penelitian menjabarkan, pada 2025 kaum milenial akan menjadi pangsa terbesar bisnis perhotelan. Pada masa itu menginap bagi mereka bukan hanya perihal akomodasi. Kaum milenial menginginkan pelayanan sempurna, pengalaman unik, dan godaan diskon menarik.

Karena itu, mempertahankan basis pelanggan yang loyal bukan lagi solusi terbaik. Ditambah lagi dengan pola persaingan antara penyedia jasa penginapan yang semakin ramai, serta agregator hotel yang selalu menyusun penawaran terbaik. Maka sedari sekarang, sudah seharusnya Anda memikirkan aplikasi sales yang tepat, agar penjualan hotel Anda meningkat.

Kita memahami, di tengah ekspektasi akan pelanggan, 93% pengguna jasa perhotelan akan memeriksa terlebih dahulu review hotel sebelum mereka menyewa kamar. Jadi, selain bertugas mengelola dan membuat pengunjung nyaman, Anda perlu meluangkan waktu untuk memeriksa reputasi hotel secara online. Untuk lebih memudahkan, tentunya Anda butuh aplikasi sales hotel yang tepat.

2. Apa tantangan terbesar dari semua ini?

Pertahankan reputasi hotel Anda dengan data yang sehat dan murni. Sebagian hotel selama ini masih bertahan dengan metode tradisional dalam mengelola data. Entah itu terlihat usang atau terfragmentasi dengan ragam cara yang berbeda–seolah-olah Anda memandangi pelanggan dengan lensa terisolasi dalam ragam fungsi.

Salah satu cara terpenting untuk mengatasi tantangan ini adalah mulailah memikirkan investasi teknologi. Ini penting! Dengan menggunakan aplikasi sales hotel yang tepat tentu akan dapat membantu Anda membangun akuarium bisnis yang diimpikan. Teknologi yang pas tidak hanya mampu meningkatkan peringkat layanan Anda di mata pelanggan sebesar 19%, akan tetapi juga mengurangi keluhan pelanggan hingga 71%.

Mari kita cari tahu lebih dalam lagi aplikasi sales hotel yang menarik untuk dijadikan partner dalam meningkatkan aspek yang dibutuhkan pelanggan–baik saat proses booking kamar, selama masa menginap, dan juga pasca check-out. Jangan lupa, menggunakan aplikasi sales ini juga cara untuk meningkatkan revenue hotel Anda.

Klik di sini untuk mendapatkan lembar gratis yang akan membantu Anda mengatasi tantangan ini: 7 Tools to Boost Your Hotel Sales.

Berikut 7 aplikasi sales hotel yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan

1. Prospecting tools: Aplikasi sales untuk menggaet pelanggan selama masa reservasi

Prospecting tools secara harfiah merupakan aplikasi sales untuk menggaet calon pelanggan. Ini adalah aplikasi sales hotel yang tepat, terlepas Anda ingin proses reservasi hotel langsung secara perorangan atau korporat (perusahaan), baik untuk kegiatan pesta atau konferensi, kuncinya adalah dunia digital.

Kita sama-sama tahu, media sosial telah mengisi kehidupan hampir setiap generasi milenial. Sebuah artikel dari laman Webfx memaparkan:

1. 29% pelancong mendapatkan inspirasi dari Facebook, Instagram dll tentang dunia wisata
2. 23% pelancong menggunakan medsos mereka ketika ingin mencari hotel atau penginapan
3. 55% pelancong menyukai halaman media sosial mereka berisi atau related terhadap perjalanan yang mereka rencanakan
4. 3 dari 4 pembeli business to business (B2B) sekarang lebih mengandalkan media sosial untuk terlibat dengan rekanannya dalam memutuskan pembelian (buying decisions)

Sekarang telah mulai jelas, siapapun yang berkecimpung di industri travel atau perhotelan tidak bisa mengabaikan platform ini. Jadi, selain hanya bertugas mengeposkan konten tentang hotel untuk menarik pelanggan di media sosial, integrasikan juga widget yang memungkinkan untuk memproses pemesanan secara langsung di halaman media sosial Anda. 50% penyedia jasa hotel kini telah memiliki widget di halaman Facebook mereka.

Jika Anda menargetkan penjualan B2B, Linkedin Sales Navigator dan Leadfeeder adalah dua aplikasi sales yang dapat meningkatkan sales hotel dalam mencari pelanggan. Untuk hasil terbaik, tentukan pangsa pasar Anda–ini akan membantu Anda dalam melacak pelanggan yang tepat.

2. Communication tools: Aplikasi sales hotel untuk mempermudah komunikasi selama Pro-tip

Sama dengan bisnis lainnya, Anda harus berusaha meluangkan waktu untuk mendefinisikan tipe tamu atau pangsa pasar. Hal ini akan membantu dalam menggunakan aplikasi sales terbaik untuk penjualan hotel. Coba pahami pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dan refleksikan, karena akan sangat membantu Anda dalam mencari prospek dan target baru di tempat yang tepat, dan tentunya akan memudahkan pesan kita tersampaikan kepada pelanggan.

1. Siapa tamu Anda, atau pangsa pasar?
2. Apa yang mereka cari saat merencanakan liburan atau perjalanan?
3. Apa kebutuhan atau apa yang mereka butuhkan?
4. Kenapa mereka harus memilih hotel Anda daripada hotel yang lain?

Berikut beberapa communication tools yang dapat Anda gunakan:

#Email: Ini salah satu aplikasi terpenting untuk meningkatkan penjualan hotel. Sangat penting untuk membangun daftar pelanggan dan terlibat dengannya berulang kali melalui email yang dikuratori dengan baik, dan berisi konten serta penawaran yang cukup relevan. Melalui email kita dapat memperkaya basis data dengan mengumpulkan semua alamat email tamu, cara kerjanya seperti Customer Relationship Management (CRM).

Sementara itu untuk corporate booking (pemesanan oleh perusahaan), Anda bisa menggunakan aplikasi sales bernama prospecting tools untuk mengumpulkan alamat email dan membuat strategi untuk memperkenalkan hotel dan melakukan follow up lanjutan.

Carilah layanan yang menyediakan akun email bisnis. Karena alamat email standar seakan-akan terlihat umum dan terkesan tidak serius. Lagi pula email bisnis akan memberi keuntungan sebagai berikut:

1. Membuat email terlihat lebih profesional
2. Terlihat lebih sedikit spam
3. Membuat calon pelanggan (prospek) merasa bisnis Anda sangat serius

Hal terpenting dan jangan dilupakan, yakni pastikan akun bisnis Anda dilengkapi dengan aplikasi sales lainnya, seperti cloud storage dan kalender yang telah tersinkronisasi ke Gmail dan Outlook.

#Live chat: Jadikan situs web Anda seperti meja resepsionis hotel. Bayangkan jika tidak ada tim yang tersedia untuk menyambut para tamu atau menjawab pertanyaan di meja resepsionis Anda? Seperti itu juga dengan situs web. Jadikan Live Chat sebagai virtual resepsionis Anda.

Sebuah situs web tanpa Live Chat, gambarannya seperti 56% pelanggan online akan segera meninggalkan situs web Anda jika mereka tidak menerima jawaban secara cepat.

Mengintegrasikan web Anda dengan fitur Live Chat seperti Freshchat secara langsung tentunya akan memberi kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan ketika mereka berkunjung ke website, dan ini juga akan menjawab pertanyaan pengunjung secara real-time. Tentunya ini akan membantu Anda mendapat banyak pemesanan secara proaktif.

3. Channel Management System: Aplikasi untuk mengelola penjualan

Sekitar 50% pemesanan hotel secara online dilakukan di situs metasearch engine seperti Trivago.com, dan tren ini akan terus meningkat setiap tahunnya. Mesin metasearch memindai agen perjalanan online, atau Online Travel Agencies (OTA) untuk menawarkan harga terbaik kepada pelanggan. Pada tahun 2018, hampir 35% dari semua pemesanan dilakukan melalui pihak ketiga.

Adanya ini menunjukkan bahwa sejumlah besar pemesanan hotel benar-benar datang melalui OTA, seperti Booking.com, Expedia, Agoda, dan lainya. Jadi hal yang cukup penting adalah membuat hotel Anda terdaftar dalam platform tersebut, karena kita tidak harus bergantung pada pemesanan langsung begitu saja. Dalam hal ini Anda dan tim sales harus selalu memperbarui daftar secara manual setiap kali melakukan penjualan melalui OTA.

Channel Management System (CMS) berguna dalam membuat skenario seperti itu–terutama ketika kita memiliki jaringan distribusi yang luas untuk pemesanan. Karena ini akan membantu Anda mengelola penjualan kamar hotel, menjual reservasi dalam situs pemesanan, dan secara otomatis akan memperbarui inventaris setiap kali ada penjualan.CMS seperti Cloudbeds atau D-Edge tidak hanya menghubungkan Anda ke beberapa OTA, tapi juga akan memberi laporan dan metrik untuk melacak hal-hal yang akan memperbesar revenue.

4 Helpdesk: Aplikasi sales hotel selama masa menginap

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, saat ini kredibilitas sosial adalah segalanya dalam bisnis perhotelan. Dan ketika ada permasalahan kecil atau sejenis kekecewaan yang didapat tamu Anda, maka mereka akan mengunggahnya di media sosial. Tentu perkara ini akan membuat kredibilitas sosial hotel menurun.

Oke, baiklah. Kita semua pasti sama-sama memahami bahwa setiap masalah kapan saja pasti bisa terjadi. Namun yang terpenting adalah seberapa cepat dan efisien kita dapat menyelesaikan permasalah tersebut.

Perlu diketahui, aplikasi sales seperti Freshdesk dan Helpscout akan menanggapi keluhan tersebut dengan cepat, dan akan mengarahkan permasalah tersebut kepada orang yang tepat agar bisa segera terselesaikan. Setidaknya ini akan menenangkan perasaan pelanggan Anda selama mereka menikmati liburan.

Poinnya adalah, ketika Anda fokus pada kepuasan pelanggan, tentunya ini akan berdampak positif terhadap usaha perhotelan Anda. Helpdesk adalah aplikasi sales hotel yang tepat untuk Anda gunakan.

5. Survey tools: Aplikasi sales hotel selama masa post-stay

Dalam dunia digital 24/7, feedback dari pelanggan akan selalu ada di mana-mana. Bahkan, 46% pelancong akan memposting ulasan tentang hotel di berbagai situs tertentu. Ulasan dan peringkat yang diposting tersebut akan bisa diakses oleh semua orang dengan cara mengklik tombol yang telah ditentukan (Ini merupakan alasan terbaik untuk memastikan pelayanan kita tepat sasaran).

Akan tetapi, ada satu hal yang lebih penting, 53% pengunjung tidak akan memesan hotel yang tidak memiliki ulasan. Jadi kenapa tidak sengaja membuat feedback bagi pelanggan Anda?

Caranya mudah, cukup ambil langkah yang lebih proaktif untuk mendapatkan feedback dari pelanggan melalui survey dan formulir online, menggunakan tools seperti SurveyMonkey, Google form, dan Jotform.

6. Property Management System: Aplikasi sales hotel selama proses dari masa dan pasca menginap

Interaksi yang terjadi di meja depan (pelayanan tamu) akan dapat mengatur ritme masa menginap seorang pelanggan. Namun, jika Anda masih meraba-raba dan tidak memahami segala hal tentang pemesanan mereka, yakinlah Anda telah menciptakan keraguan di dalam diri seorang pelanggan.

Property Management System (PMS) atau Sistem Manajemen Properti seperti Oracle Hospitality dan Hotello yang mengelola hingga taraf tertentu seperti mengotomatiskan tugas admin seperti check in, check out, akuntansi, alokasi kamar hotel, manajemen inventaris, tata graha dan bahkan akomodasi tamu.

Berdasarkan survey tahun 2015 silam, sekitar 34% hotel mengandalkan software ini, dan 25% lagi masih menggunakan cara konservatif, yakni kertas dan pena. Sayangnya, dalam beberapa tahun terakhir persentase ini hanya menampilkan grafik sederhana. Menggunakan aplikasi sales hotel yang tepat bisa jadi akan memberi keuntungan yang seimbang bagi bisnis Anda.

7 Customer Relation Management: Aplikasi untuk mengintegrasikan semua tools hotel yang Anda miliki

Sekarang, jika Anda telah memiliki aplikasi sales seperti prospecting tools, communicating tools, support tools, feedback tools, dan semua aplikasi sales hotel lainnya untuk memahami pelanggan dengan baik, apakah itu semua sudah cukup? Sayangnya, itu saja tidak akan sempurna, karena data hanya terfragmentasi pada setiap tools dan tidak dalam satu tempat.

Tentunya masih akan terdapat kesulitan untuk mencari masukan yang sangat berharga dan menambah wawasan tentang pelanggan Anda. Jadi, dengan menggunakan aplikasi sales Customer Relation Management (CRM) seperti Freshsales, makan akan memudahkan Anda dalam membawa semua informasi dan menyimpannya dalam satu tempat, tanpa harus terfragmen pada setiap tools.

Dengan menggunakan CRM,  maka Anda akan mendapatkan sudut pandang 360 derajat dari setiap pelanggan dalam satu tempat.

Dalam membantu peningkatan penjualan hotel, Software CRM memiliki fungsional sebagai berikut:

1. Mengintegrasikan semua tools dan menyingkronkannya sesuai dengan lingkungan bisnis Anda
2. Memungkinkan untuk disesuaikan dengan keperluan bisnis Anda
3. Memaparkan riwayat interaksi dengan prospek dan pelanggan Anda
4. Mengumpulkan aktivitas kunjungan prospek dan pelanggan di web Anda
5. Memberi laporan dan wawasan tentang penjualan, bisnis, dan tamu Anda

CRM adalah kombinasi super bagi aplikasi sales hotel Anda

Menggabungkan Property Management System (PMS) ke software Customer Relation Management (CRM), ibarat kombinasi dua kekuatan super yang mengagumkan. Dengan ini Anda seperti memiliki dua aplikasi sales hotel sempurna yang pekerjaannya tidak hanya terbatas pada satu departemen semata, akan tetapi menghubungkan fungsi admin, sales, marketing, dan fungsi pendukung lainnya yang digabungkan dalam satu tempat yang sama.

Ketika CRM dan PMS digabungkan, informasi tentang tamu dan prospek bertemu dengan informasi hotel. Tentunya ini menggantikan proses yang memakan waktu yang selama ini kita hadapi. Semua menjadi lebih mudah dengan aplikasi sales hotel yang tepat.

Coba bayangkan manfaat berikut ini:

1. Memahami tipe kamar yang disukai pelanggan Anda dan membuat mereka nyaman secara instan tanpa harus langsung bertanya kepada Anda.
2. Mempermudah Anda menyampaikan “Selamat ulang tahun” kepada tamu yang pernah menginap melalui campign email untuk menjalin ikatan emosional.
3. Mudah dalam menjawab pertanyaan calon pelanggan melalui ragam saluran yang tersedia, seperti: Live chat, emai, telepon–tanpa harus takut kehilangan catatan akan percakapan tersebut.
4. Mempermudah dalam melihat dari saluran mana kostumer Anda melakukan pemesanan, siapa pelanggan yang sering memesan kamar hotel, dan juga mempermudah Anda untuk mendapatkan laporan kinerja tim sales–dalam satu tempat

Pengintegrasian ini memungkinkan dalam satu profil untuk memasukkan foto tamu, riwayat menginapnya, total pengeluaran dan pola pemesanan, minat dan lokasi menginap yang disukai, jenis kamar disenangi, tautan ke profil sosial, kepuasan dan status loyalitasnya, serta feedback yang dia berikan pada penginapan sebelumnya.

Ini semua adalah kekuatan yang dapat Anda gunakan ketika semua aplikasi sales atau tools sales hotel Anda terintegrasi satu sama lainnya.

Selling bukan hanya tentang reservasi

Akhirnya, memasarkan hotel memang tidak semudah yang kita kira.

Ketika Anda menjual reservasi hotel, Anda juga harus menjual keramahan di lobi hotel, kenyamanan saat menginap, housekeeping yang berkualitas, restoran higienis dengan makanan yang menggugah selera, dan yang terpenting lagi, penginapan sementara bagi pelancong.

Karena itu, aplikasi sales hotel yang Anda gunakan harus menyatukan segala kesibukan dalam kolektifitas yang tersedia, meski lobi hotel dalam keadaan super sibuk.

Jadi, selepas membaca artikel ini, luangkan waktu sejenak dan pikirkan apa yang membuat hotel Anda terasa istimewa? Apa yang ingin Anda tawarkan? Dan mengapa wisatawan atau pebisnis yang butuh penginapan harus tertarik dengan hotel Anda? Memahami ini akan membantu Anda menjual lebih banyak kamar, dan membuat penjualan lebih baik, dan menjual lebih cepat dengan aplikasi sales hotel yang tepat.

Selain itu, aplikasi CRM seperti Freshsales dapat membantu tim sales Anda untuk close deals lebih cepat. Freshsales juga dapat membantu Anda dalam melihat mana pelanggan yang berpotensi untuk menggunakan produk atau jasa Anda. Klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan akses Freshsales atau klik di sini untu konsultasi.

Sign Up for Free

Sumber: Freshsales

Simillar post