aplikasi helpdesk

Weefer & Freshdesk: Peran Aplikasi Helpdesk dalam Melayani Pelanggan

Melayani pelanggan di era digital tanpa bantuan teknologi bisa dikatakan sebagai pemborosan waktu yang dilakukan oleh pebisnis. Di luar sana, saat ini sebagian besar bisnis dijalankan dengan bantuan teknologi. Tujuan utamanya tentu membuat pekerjaan lebih mudah dan cepat terselesaikan. Sehingga, waktu dapat digunakan lebih efisien dan membuat tim anda menjadi lebih produktif. 

Penggunaan aplikasi helpdesk dalam mengelola kebutuhan pelanggan merupakan jalan yang sudah ditempuh oleh sebagian besar perusahaan sebagai pemanfaatan teknologi. Pilihan bisa jatuh pada aplikasi mana saja yang dianggap paling efisien. 

Seperti halnya Freshdesk, aplikasi helpdesk ini diciptakan agar perusahaan mana pun dapat mengelola kebutuhan pelanggannya dengan lebih baik. Fitur-fitur yang disediakan tentu beragam. Berikut beberapa fitur utama yang dapat anda gunakan untuk mengelola kebutuhan pelanggan. 

#1 Ticketing system sebagai manajemen kebutuhan

Mungkin beberapa perusahaan menggunakan Excel untuk mencatat kebutuhan maupun keluhan pelanggan. Misalnya seperti menuliskan nama, nomor ponsel, email, waktu ketika pelanggan menghubungi, isi kebutuhan atau keluhan, dan beberapa catatan lainnya. 

Ticketing system yang saat ini marak digunakan merupakan salah satu keunggulan dari aplikasi helpdesk Freshdesk. Cara kerja tiket terbilang sangat efisien dan terukur. Masing-masing kebutuhan/keluhan pelanggan dan segala aktivitas terkait dapat dilakukan di dalam satu tiket. Hal ini mempermudah tim customer support untuk melacak apakah kasus dari tiap pelanggan tertangani dengan baik.

Kelebihan lainnya terdapat pada penetapan prioritas. Tim anda dapat menentukan kategori prioritas, sehingga akan lebih menghemat waktu dan memaksimalkan pekerjaan pada tiket dengan prioritas yang lebih tinggi.

#2 Menggunakan automasi

Ketika akan menggunakan aplikasi, sebagian orang akan bertanya pekerjaan apa yang dapat dilakukan aplikasi tersebut secara otomatis. Orang-orang pun akan tergila-gila jika aplikasi tersebut benar adanya mennyediakan fitur automasi. 

Dalam sebuah iklan, selain “Percobaan Gratis”, sorotan “Bekerja secara OTOMATIS” juga memiliki daya jual yang tinggi. Karena, sebuah aplikasi tentunya harus menyediakan kemudahan bagi pengguna.

Dalam sebuah bisnis, sebisa mungkin anda akan menghindari pekerjaan mudah yang berulang. Waktu yang seharusnya dialokasikan untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih penting justru akan terbengkalai. 

Terkait aplikasi heldesk, Freshdesk juga menawarkan automasi sebagai keuntungan yang akan didapatkan oleh pengguna. 

Automasi yang dimaksud tentunya berkaitan dengan ticketing system. Cara kerjanya ada beberapa macam. 

Anda dapat membuat beberapa pengaturan seperti mengkonversi pesan dari pelanggan menjadi tiket, menugaskan tiket pada karyawan yang tepat, menetapkan prioritas dan kategori tiket, meneruskan tiket pada tim yang lebih ahli, dan masih banyak lagi. 

Anda juga bisa mengatur email yang dapat terkirim secara otomatis pada pelanggan tentang status tiket. Misalnya, aplikasi telah mengkonversi pesan anda menjadi tiket, pengerjaan ditunda, atau pengerjaan telah diselesaikan. Hal ini mempermudah pelanggan untuk mengetahui apakah kasusnya sudah ditangani.

#3 Mengkonversi pesan dari multiple channel menjadi tiket

Untuk mendatangi anda, pelanggan tentunya menginginkan anda untuk menyediakan banyak jalan. Beberapa dari mereka cenderung meninggalkan anda terlebih jika harus menempuh jalan yang sulit. 

Anda harus memahami bahwa saat ini tersedia banyak sekali media yang menyediakan fitur untuk berkomunikasi. Pelanggan mungkin saja merasa lebih mudah jika menggunakan media sosial untuk berkirim pesan. Maka dari itu, anda perlu menyediakan media komunikasi yang tentunya digunakan oleh sebagian besar pelanggan anda. 

Pembuat aplikasi Freshdesk juga tentunya memperhatikan hal tersebut. Sehingga, Freshdesk dapat mengkonversi pesan pelanggan melalui Email, WhatsApp, Facebook, Instagram, dan telepon menjadi tiket. Selain itu, Freshdesk juga menyediakan platform khusus, di mana pelanggan dapat membuat tiket baru secara langsung.  

Selain mempermudah pelanggan, fitur ini juga dapat memudahkan tim anda karena pekerjaan dapat dilakukan secara terpusat. 

Baca Juga: 7 Cara Tepat Memilih Aplikasi Helpdesk Terbaik
Ingin mengtahui fitur Freshdesk lebih jauh lagi? Konsultasikan pada tim kami atau ambil kesempatan Free 21 days Trial.

Simillar post