Tarif BPJS Kesehatan naik

Tarif BPJS Kesehatan Naik! Terus Cara Hitungnya Bagaimana?

Berita tentang kenaikan tarif BPJS Kesehatan saat ini mungkin membuat pusing banyak orang. Kabarnya, tarif baru ini akan diberlakukan pada awal Januari 2020. Kenaikan tarif ini ditujukan untuk menutup defisit BPJS Kesehatan yang diproyeksi hingga akhir tahun sebesar 32,84 Triliun rupiah menurut Mardiasmo.

tarif BPJS Kesehatan naik

Yang membuat kebanyakan orang panik adalah tarif BPJS Kesehatan ini naik hingga 100%. Berikut jumlah kenaikannya. 

Tarif baru BPJS Kesehatan bagi peserta bukan penerima upah

Kelas20192020
Kelas IRp80.000,00Rp160.000,00
Kelas IIRp51.000,00Rp110.000,00
Kelas IIIRp25.500,00Rp42.000,00

Setelah diperhitungkan, Kelas I mengalami kenaikan sebanyak 100%, Kelas II mengalami kenaikan sebanyak 116%, dan Kelas III sebanyak 65%.

Kenaikan tarif BPJS Kesehatan sebanyak ini tentunya membuat pusing kebanyakan orang terutama bagi peserta bukan penerima upah (peserta mandiri).

Untuk karyawan atau peserta penerima upah tidak perlu bingung karena peraturan tentang penghitungan BPJS Kesehatan masih sama dengan peraturan sebelumnya.

Namun, bagi kamu anggota HR gak perlu pusing jika suatu saat nanti ada perubahan regulasi dalam penghitungan tarif BPJS Kesehatan. 

Bagi kamu yang sudah menggunakan aplikasi HRIS untuk pengelolaan data HR, aplikasi ini biasanya sudah menyediakan fitur untuk pengaturan iuran terkait regulasi pemerintah. 

Misalnya saja seperti aplikasi Haermes. Aplikasi ini bisa membantu kamu dalam penghitungan gaji, PPh 21, iuran BPJS Kesehatan, dan iuran BPJS Ketenagakerjaan. 

Jadi, seandainya suatu saat regulasinya berubah, kamu tidak perlu khawatir. Sistem pada aplikasi Haermes sudah dibuat untuk dapat dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan mu. 

Untuk kamu yang masih belum pernah mendengar aplikasi HRIS, kamu perlu tahu bahwa aplikasi ini dapat meringankan semua beban HR yang saat ini kamu rasakan. Sepertinya Haermes, tidak terbatas untuk segala penghitungan, Haermes juga dapat mengelola data absensi, mengajukan cuti, dan bahkan membantu dalam proses perekrutan karyawan baru.
Memang sih untuk memilih aplikasi yang tepat bukanlah hal yang mudah. Kamu perlu melakukan penelitian kecil terlebih dahulu supaya mendapatkan yang benar-benar sesuai. Namun, aplikasi Haermes dapat dibuat dengan menyesuaikan sistem perusahaan dengan segala jenis dan ukuran. Kamu boleh memasukkan aplikasi ini ke dalam bucket list mu terlebih dahulu atau bisa konsultasi dengan tim profesional kami.
Master Admin

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts