Integrasi AI dan Machine Learning di ITSM akan menyebabkan dampak besar untuk konfigurasi dan manajemen perubahan di tahun 2018. Hal ini memaksa perusahaan untuk pindah dari proses pengumpulan data dan verifikasi manual menjadi otomatis. Dengan perubahan ini, IT manajemen dapat mengatur data dalam skala besar dan meningkatkan kualitas CMDB. Hasil dari perubahan ini adalah :
2. Penggunaan IT Asset Management untuk Konsumsi
Ditahun 2018 mendatang, dimana sebelumnya perusahaan harus berfokus terhadap penggunaan ITSM untuk mengatur aplikasi, sekarang perusahaan harus merubah pola pendekatan untuk aset software dan lisensi. Perusahaan harus bisa menghubungkan instansi pengembang aplikasi dengan pengguna/bisnis yang membutuhkan, bukan dengan device yang berisi aplikasi tersebut. Perubahan ini membuat transparasi dalam penggunaan aplikasi lebih terkontrol dan pembayaran lisensi dilakukan berdasarkan penggunaan sebenarnya.
Proses skema otomatis sangat berguna untuk menyelesaikan pekerjaan yang biasa. Walau awalnya dibuat untuk menyelesaikan proses IT, sekarang skema otomatis ini mulai dilirik perusahaan dan diimplementasikan untuk proses bisnis seperti salam proses penjualan, keuangan, finance, dan untuk memanajemen karyawan. Dengan adanya otomatisasi ini, pekerjaan yang repetitif akan terselesaikan dengan mudah tanpa perlu adanya campur tangan manual.
4. Pengabungan Katalog Layanan dan Integrasi
Beberapa tahun belakangan ini, jumlah layanan katalog semakin meningkat. Begitu juga dengan refund. Di tahun 2018, indiustri harus bisa mengembangkan layanan yang lebih baik dan sistem refund atau layanan konsolidasi menjadi “single-stop shop” untuk IT hardware dan software. Kunci untuk menjalankannya adalah menerapkan sistem free-market economic dan sebuah platform untuk mengatur seluruh pembelian teknologi dan subscription, serta sistem yang user-friendly. Perubahan ini akan menyederhanakan proses ITSM.
5. Manajemen Supplier
Sebagai perusahaan yang menggunakan cloud dan aplikasi 3rd-party, departemen IT harus memperluas ekosistem ITSM mereka hingga mencakup supplier dan partner. Karena pemilihan bisnis adalah alasan utama untuk tergantung terhadap supplier di bagian teknik, menggunakan kontrak cengan cara tradional untuk berinteraksi dengan supplier menjadi tidak efektif dan tidak bisa dikembangkan lagi.
Karena itu, kami menyarankan agar perusahaan harus terbuka dalam hal teknologi untuk bisnis dan mencari supplier dengan menetapkan standart dan SLA untuk melakukan kerja sama.
Tahun 2018 merupakan tahun untuk mengembangkan IT service management. Perushaan mulai meninggalkan cara lama dan beralih ke platform yang lebih modern. Apakah perusahaan anda akan mengikuti trend ini?