Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Customer Support?

Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Customer Support?

Kemajuan teknologi sudah menjadi hal yang lumrah dan menguntungkan bagi peradaban manusia terutama dalam hal bisnis. Mengingat zaman dahulu kita harus membeli barang yang kita butuhkan di toko yang jauh dari rumah atau memaksa kita untuk keluar rumah membeli barang. Namun di zaman modern ini, kita tak perlu mengeluarkan keringat setetes pun untuk mendapat barang yang kita butuhkan karena sekarang sudah banyak toko atau perusahaan yang menjual prdouk online dan memudahkan manusia untuk membeli apa yang mereka inginkan di saat itu juga.

Namun, kemajuan teknologi ini tentu tak hanya memberikan keuntungan namun memberikan permasalahan yang lain karena dalam pengadaannya, sistem online juga memberikan masalah dalam sisi teknikal seperti sulitnya mengakses pesananan atau website penjual karena sistem online sedang ada masalah atau lainnya. Hal itu sudah menjadi lumrah. Permasalahan pelanggan yang sejatinya diselesaikan dengan cepat akan menjadi lebih rumit ketika sistem pelayanan customer juga dijalankan dengan sistem yang lama dan rumit. Hal ini tak terjadi dalam dunia jualan online saja, namun semua customer support yang ada pada semua perusahaan yang sudah mempunyai customer support baik itu melalui telepon, email ataupun akun sosial media. Kerumitan inilah yang membuat para insan kreatif membuat sebuah aplikasi customer support yang sangat membantu semua pebisnis untuk meningkatan pelayanan customer support mereka. Bagaimana cara kerjanya?

Hal penting yang ada dalam sistem pelayanan customer

Tiket
Tiket adalah permintaan support yang diajukan ke customer service atau support oleh pelanggan. Tiket ini bisa berupa permasalahan, pertanyaan atau pernyataan puas dan tidak puas oleh pelanggan yang diajukan kepada perusahaan. Biasanya tiket akan ternotifikasi di aplikasi pelayanan customer dan pelanggan juga akan mendapatkan notifikasi ketika tiketnya direspon oleh admin. Jika tiket yang diajukan oleh pelanggan tidak terjawab oleh admin, maka akan tetap masuk atau ada dalam folder tiket yang belum terjawab.

Kategori
Hal kedua yang ada dalam aplikasi ini ialah kategori. Fitur ini memudahkan pelanggan dan customer service untuk memilah permasalahan yang ada karena hal ini akan membuat mereka fokus dengan satu permasalahan yang ada. Tiket dan kategori sudah menjadi hal yang mendasar dalam customer support, dan hal ini dikonversikan menjadi fitur otomatis dalam aplikasi customer support semacam Freshdesk.

Self Service dan Knowledge Base
Memang banyak aplikasi yang beredar online, namun tak semuanya memiliki fitur self service. Self service bekerja untuk meminimalisir pengulangan penyelasaian masalah dan menjawab tiket dengan otomatis berbekal knowledge base yang sudah diatur oleh customer service dari perusahaan yang menggunakan aplikasi ini. Saat tiket sudah terjawab, semua jawaban dan tiket akan dengan sendirinya masuk database dan dapat ditracking dengan mudah tanpa khawatir dengan pengulangan yang biasanya terjadi dalam customer support berbasis email.

Sistem tracking atau pelacakan
Karena semua informasi dalam customer support terintegrasi, hal ini memberikan keuntungan bagi pengguna aplikasi ini untuk mendapatkan jawaban atau penyelesaian lebih cepat karena masalahnya bisa ditracking dan admin juga bisa mempercepat penyelesaian masalah. Terlebih system tracking atau pelacakan dalam aplikasi customer support ini akan sangat memudahkan para staff untuk melanjutkan semua permasalahan tanpa harus mengulangi penjelasan permasalahan yang diajukan dari awal oleh pelanggan. Sehingga mereka para pelanggan akan merasakan hal yang lebih baik dan permasalahannya terjawab dengan baik.

Aplikasi Freshdesk juga mendukung automasi pada ticketing system. Anda dapat mengatur poin-poin tersebut agar dapat berjalan secara otomatis. Dengan begitu, tim anda tidak perlu melakukan pekerjaan berulang. Sehingga, menangani pelanggan akan tereselesaikan lebih cepat dan efisien. 

Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana mengotomatisasi pengaturan pada poin-poin di atas, anda dapat melakukan konsultasi dan mencobanya GRATIS selama 21 hari

[button button_link=”url:https%3A%2F%2Fwww.weefer.co.id%2Ffreshdesk-signup%2F%3Futm_source%3DWeefer%26utm_medium%3DBlog%26utm_campaign%3Daplikasi-customer-support|title:Sign%20Up|target:%20_blank|” button_style=”solid” button_type=”rectangle”]

author
Master Admin

Share on:

Categories:

Freshdesk