Manajemen Aset IT Dan Digital Transformation

Transformasi Digital Manajemen Aset IT

Beberapa tahun kedepan, perusahaan akan terus melakukan digital transformation. Penggunaan artificial intelligence atau dikenal dengan istilah AI merupakan salah satu bentuk transformasi digital tersebut. Pendekatan perusahaan terhadap manajemen aset IT akan berubah bersamaan dengan proses transformasinya.

Secara teori, manajemen aset adalah sebuah sistem inventori untuk mengatur dan monitoring kualitas asst perusahaan. Proses manajemen aset ini masih menggunakan cara yang konvensional dan pemikiran yang masih teoritis juga. Karena itu sebuah perubahan haruslah dilakukan karena cara konvensional memiliki banyak kekurangan yaitu kemungkinan kesalahan pemasukan data, pemrosesan yang membutuhkan waktu yang cukup lama, kurangnya monitoring aset, dan masih banyak lagi.

Bagaimana AI mempengaruhi transformasi digital dari Manajemen Aset IT ?

IT akan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Artificial intelligence merupakan teknologi yang akan memperngaruhi teknik manajemen aset. Pada awalnya otomatisasi hanya berfokus pada mempelajari dan melakukan pekerjaan yang berulang kali, namun, sekarang AI diharapkan dapat menganalisa dan lebih memperluas gambaran akan aset serta membangun pemahaman mengenai dampaknya kepada enterprise. Perubahan yang terjadi saat menerapkan AI pada manajemen aset adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi resiko dan waktu perencanaan dengan menggunakan analisis dan simulasi
  • Biaya pengeluaran yang lebih optimal dengan kinerja yang lebih maksimal
  • Proses diagnosa dan perbaikan secara otomatis
  • Sumber yang dinamis

Perusahaan akan sadar bahwa manajemen aset tidak hanya tentang mengatur aset berbentuk fisik dan aset lainnya yang dimiliki perusahaan, namun juga menyediakan kebutuhan untuk manajemen aset IT seperti kontrak, subscribe, dan fasilitas untuk karyawan yang berguna untuk membantu pekerjaan. Pemahaman akan aset dapat meningkatkan kekuatan penuh dari AI untuk memberikan dampak positif pada kinerja perusahaan enterprise. AI menjadi salah satu kunci utama untuk manajemen aset dalam beberapa tahun kedepan. Teknologi ini akan membuka kemungkinan digital yang cepat, berkapasitas besar, selalu aktif, dan dapat menemukan pola secara instant serta memiliki catatan observasi sistem sebelumnya hingga sekarang. Jika transformasi digital ini sudah terjadi, maka pendekatan manajemen aset IT tidak akan sama lagi

Tim Weefer akan membantu anda melakukan transformasi digital ini dengan memberikan konsultasi gratis.

Sudahkan anda beralih ke sistem ITSM ?

Master Admin

Categories:

Freshservice

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts