Freshsales - Mengapa bisnis usaha kecil anda sangat membutuhkan CRM

Mengapa Bisnis Usaha Kecil Anda Sangat Membutuhkan CRM

Ditulis oleh Rebecca Richard pada 20 Juli 2017
Source: Freshsales Blog

Saat memulai bisnis, anda pasti menangani jumlah klien yang sedikit sehingga rincian klien lebih mudah diingat seperti membalikkan telapak tangan. Namun, bisnis usaha kecil yang sukses tidak akan selamanya kecil, pasti berubah.

Bagaimana cara anda mengatur informasi, melanjutkan bisnis dan menjaga hubungan dengan pelanggan ketika bisnis anda mulai berkembang? Dan bagaimana cara melakukan itu semua secara efisien?

Pelanggan memegang kunci kesuksesan anda, dan CRM (Customer Relationship Management) akan membantu memusatkan hubungan pelanggan dan mengembangkan bisnis usaha kecil milik anda. Mengoptimalkan penjualan sangatlah penting untuk mencapai gambaran tujuan.

Freshsales adalah cloud-based sales CRM yang di buat untuk bisnis usaha kecil dalam mengembangkan potensi mereka. Tampilan yang simple dan mudah digunakan, pengaturan yang tidak kompleks dan harga yang terjangkau membuat Freshsales sebagai pilihan CRM yang ideal untuk bisnis kecil B2B dan B2C.

Di Freshsales, mengatur aktifitas cukup dengan menekan tombol. Kami menyajikan empat fitur yaitu leads, deals (transaksi), email, dan phone (telepon) yang merupakan hal yang sangat penting untuk bisnis kecil. Termasuk bisnis anda.

1. Leads Management

Masa lalu yang masih menggunakan “rolodexes” atau lebih dikenal dengan buku telepon. Mereka telah digantikan dengan sistem pengaturan kontak yang lebih efektif dan dapat diandalkan. Tool kolaboratif seperti sales CRM yang meningkatkan  dan memudahkan rutinitas sales yang sangat penting bahkan untuk usaha kecil sekalipun.

Dengan Freshsales CRM, lead management dapat merubah bagaimana mengatur dan mendata penjualan anda.

Lead Capture, Auto-create leads from emails

Untuk usaha kecil, membangun pelanggan baru adalah resep untuk mengembangkan usaha. Ketika lead tertarik dengan produk anda, maka sangatlah penting untuk mendapatkannya. Sistem otomatisasi yang efektif untuk mendapatkan lead sangat penting dalam membawakan pelanggan baru.

Di Freshsales, lead baru secara otomatis akan di tangkap oleh email. Jadi, jika anda lupa untuk menambahkan kontak mereka, Freshsales sudah menyimpannya.

Why your small business (really) needs a CRM – Freshsales Blogs

Lead Scoring – ranking lead dari “hot to cold”

Mengidentifikasi lead yang layak sebelum panggilan pertama atau email lebih menghemat waktu, sebaliknya tidak menghabiskan waktu dengan lead yang tidak layak.

Freshsales Lead scoring memiliki fitur penilaian lead untuk membantu bagian sales membedakan “hot lead” dan “cold lead”, dan memaksimalkan efisiensi penjualan. 

Dengan mengkonfigurasi penilaian lead (menambahkan nilai substract berdasarkan properti lead), anda bisa mendapatkan hot leads secepatnya. Freshsales juga disajikan dengan tampilan custom untuk memfilter lead sebagai hot lead, warm lead, dan cold lead untuk akses cepat.

 

2. Deal Management

Meluruskan dan mengatur transaksi penjualan mengijinkan usaha kecil untuk secara berkala melihat sejauh mana perkembangan untuk setiap transaksi untuk mencapai target.

Freshsales Sales Pipeline memiliki fitur untuk memvisualisasikan siklus penjualan dan membantu mengawasi kesempatan yang ada. Anda memiliki pilihan untuk melihat transaksi dalam beberapa tampilan dengan transaksi yang tersebar dalam beberapa tingkatan. Selain itu anda juga bisa memfilter mereka berdasarkan pemilik dan menambahkan nomor tingkatan transaksi.

Mengurutkan transaksi berdasarkan nama, jumlah, ekspetasi tanggal penutupan, dll. Untuk memprioritaskan aktifitas berbasis skenario bisnis. Ikon kode warna yang terdiri dari merah yang menandakan aktifitas yang sudah melewati batas waktu dan kuning yang menandakan tidak ada aktifitas. Hal ini dapat memotivasi agen untuk mengikuti berita terbaru secara konsisten.

Setiap elemen dalam blok transaksi dikemas dengan informasi yang terfokus dan clickable links untuk masuk ke bagian detail.

Tampilan Drag-and-Drop  membantu anda untuk memindahkankan transaksi tiap tingkatan tanpa memperbaharui arsip secara manual.

Untuk bisnis kecil, sales pipeline akan membantu dalam hal menganalisa proses transaksi. Dengan Freshsales, membangun pipeline yang sempurna selain itu bisa mengatur transaksi dengan lebih baik dan menyelesaikan transaksi lebih cepat tanpa melewatkan kesempatan yang ada. Untuk menghemat waktu menavigasi layar, mengirim email, melakukan panggilan dan mengatur jadwal kerjaan dan janji temu dari pipeline jadi anda tidak ketinggalan dalam follow-ups.

3. Email Management

Sistem manajemen email merupakan tool yang efisien dan populer untuk komunikasi dalam bisnis. Sangat logis bahwa email bisnis akan tertangkap di tool penjualan jadi anda bisa mengakses semua informasi dari satu tempat. Untuk bisnis usaha kecil, sharing komunikasi bisnis kolaborasi promosi dan meningkatkan bagian penjualan untuk mencapai tujuan.

Tool email di Freshsales disajikan dengan fitur terbaru untuk bisnis usaha kecil mengatur email, mencapai prospek dalam hitungan detik dan mengawasi peforma email.

Connect your mailbox – Email from the CRM 

Sistem integrasi email sangat membantu bisnis usaha kecil untuk mengurangi pemasukan data manual dan melihat komunikasi di datu tempat. Integrasi Gmail anda, Office 365 atau akun custom langsung melalui Freshsales tanpa integrasi pihak ke tiga. Sekali terintegrasi, anda bisa mengirim dan menerima email tanpa harus bertukar posisi antara CRM dan email pelanggan. Email ini akan tersimpan di inbox. Untuk tambahan, Freshsales menyediakan dua alamat email yaitu satu email akun bersama untuk tim anda, dan email pengguna untuk setiap pengguna Freshsales di akun. Inbox tim akan memberikan time sales visibilitas terhadap email bisnis baru. Sistem one-place email memastikan bahwa tim bisnis usaha kecil berada di atas untuk email, dan mengabarkan seluruh bagian sales informasi terbaru.

Email conversation – Auto-log emails

Di Freshsales, email tidak hanya tinggal di inbox. Mereka juga secara otomatis masuk ke lead yang terkait atau data kontak di dalam tampilan percakapan. Di desain untuk menyediakan lebih banyak wawasan untuk setiap pelanggan, hal ini mempermudah dan mempercepat navigasi melalui email.

Terkadang anda mungkin ingin menyembunyikan email untuk personal atau alasan kerahasiaan. Freshales dapat membantu anda melakukan hal ini. Jika anda tidak menginginkan ada link di email tertentu ke dalam data, uncheck kotak “Link conversation to Lead” di window pembuatann surat sebelum mengirim email.

Bulk emails – Create, send and track email campaigns

Bisnis usaha kecil mengandalkan email marketing untuk meningkatkan traffic dan menarik pengunjung website untuk meningkatkan penjualan. Di Freshsales, bulk email memiliki fitur untuk mengirimkan email kampanye / promosi menjadi lebih mudah untuk bisnis usaha kecil dan fitur tersebut bisa mengirimkan email ke banyak kontak sekaligus.

Email personal ditemukan untuk meningkatkan click-through rates dan penjualan! Default and custom field placeholders kami membantu anda dalam hal ini. Menghemat waktu dengan template email yang tidak terbatas, dan membagikan mereka dengan tim anda. Mengawasi email kampanye dari CRM dengan mengaktifkan Track option di Compose window.

Track Emails – Real-time opens, clicks and response notifications

Sangat baik bila mengetahu seberapa efektif kampanye anda melalui analisa seberapa banyakkah penerima membuka atau merespon email tersebut. Ini adalah salah satu kunci untuk usaha kecil untuk mengetahui apa yang berkerja dan yang tidak.

Freshsales tidak hanya membuat hal ini mungkin, namun juga efektif dengan notifikasi real-time email. Jadi anda mendapat notifikasi jika seseorang membuka email dari anda selain itu, bisa juga memperkirakan waktu respon berdasarkan hal ini.

4. Phone

Jadi, anggap saja anda adalah seorang sales  yang akan melakukan panggilan terhadap seorang lead. Anda mungkin mulai dengan mencari nomor telepon dari satu tempat, lalu menelpon menggunakan telepon di meja. Setelah selesai berbicara, anda harus menyimpan data panggilan secara manual di suatu tempat. Cara ini tidak efisien dan menghabiskan banyak waktu untuk seorang sales di era digital ini. Efek sampingnya, hal ini mengurangi penjualan sebuah bisnis usaha kecil karena sales tidak ada waktu untuk mengerjakan tugasnya.

Fitur Freshsales Phone tidak memerlukan biaya extra untuk software/hardwarenya. Beli nomor toll free dan lokal untuk melakukan panggilan dari Freshsales. Akses rangkuman kontak anda dan telepon mereka dalam satu klik.

Seperti halnya email, tidak ada yang ketinggalan di Phone radar Freshsales. Panggilan masuk dan panggilan keluar secara otomatis akan direkam dan tersimpan. Anda juga bisa melakukan panggilan melalui browser atau dari phone lewat aplikasi mobile Freshsales.

Atur pesan voicemail dan sambutan dalam satu tempat dengan tiga cara yaitu rekam pesan sendiri, upload file suara pre-recorded, atau menggunakan fungsi text-to-speech. Buat seformal mungkin atau semenarik mungkin dan pastikan bahwa lead tertarik dengan sambutan anda bahkan diluar jam kerja.

Berikan bisnis usaha kecil anda CRM agar bisa berada di atas

Dengan menginvestasikan sales CRM untuk bisnis anda, bawa misteri ini keluar dalam mendapatkan pelanggan baru dan membuat penjualan. Hal ini memberikan kejelasan untuk semua aspek penjualan yang dapat menyukseskan bisnis anda.

Freshsales membantu bisnis usaha kecil untuk meningkatkan pemasukan dan produktifitas dari tim mereka yang masih berkembang. Kami mengajak anda untuk masuk kedalam list pelanggan yang senang. Baca juga kisah sukses dari HiveXchange, CovalentCareers dan PG Marketing di “Bagaimana Freshsales CRM merubah cara mereka menjalankan bisnis usaha kecil”.

Free for 30 days on our fully-loaded Estate plan. No credit card required

Master Admin

Categories:

Freshsales

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts